My Own Children’s Book: Tergoda Dunia Princess

0
322

Judul: Princess Caroline dan Dua Benih Ajaib; Penulis: Bambang Trim; Penerbit: Kharisma Tunggal Kids; Tahun: 2010; Tebal: 24 h (fullcolor); Harga: Rp18.000

Bagaimanapun kisah-kisah putri-putri dan princess sangat mempengaruhi anak-anak perempuan Indonesia. Dunia kisah princess ini berkembang sangat imajinatif dan mengandung berbagai pesan moral meskipun sebagian besar berbeda latar budaya. Apakah kita tidak dapat menciptakan sebuah kisah imajinatif bernuansa princess?

Saya mencoba tantangan itu–mengamati koleksi kisah-kisah princess milik putri saya. Ternyata, kisah-kisah imajinatif dengan gagasan sederhana, baik produk Disney maupun Mattel (Barbie). Karena itu, sangat mungkin kita pun membuatnya dengan kualitas tak kalah–konsekuensinya menjadi follower.

Memang ini terkadang karena dorongan pasar dan penerbit menginginkannya. Bersama teman-teman di Dixigraf Publishing Service, saya pun merancang konsep, terutama konsep ilustrasi serta desain interior untuk picture book. Hasilnya adalah buku ini, kisah seorang princess bernama Caroline yang punya hobi menyamar.

Caroline mendapatkan dua benih ajaib dari seorang petani bunga yang baru dikenalnya. Satu benih ditanam dan seketika seantero istana tumbuh bunga-bunga dengan harum semerbak. Ajaibnya, harum bunga juga masuk ke tubuh Princess Caroline. Princess Caroline tak bisa menyamar lagi karena orang mengetahui keberadaannya dari harum tubuhnya….

Buku anak itu selalu menarik, apalagi jika anak menyukainya. Saya punya harapan banyak ketika menuliskannya dan membayangkan wajah-wajah kecil yang berbinar serta kaya pengalaman dengan kisah. Selamat membacakannya untuk anak Anda. Bravo!

***

Judul lain dalam seri ini adalah Princess Tara dan Ratu Bintang, karya Yulia Nursetyawathie.

Segera terbit: kisah-kisah princess dan putri dari Afrika serta Jepang. Latar belakang belahan dunia lain ini mengayakan pengalaman budaya anak-anak kita yang hidup pada era global seperti saat ini.

Dapatkan segera di toko-toko buku terdekat. Didistribusikan oleh PT Suka Buku (Agromedia Group).

Kontak penerbit: Telp./Faks. 022-7335961; email: goalssl@gmail.com

Bambang Trim adalah praktisi di bidang penulisan-penerbitan dengan pengalaman lebih dari 20 tahun. Ia juga telah menulis lebih dari 160 judul buku sejak 1994. Bambang Trim pernah menjabat posisi puncak di beberapa penerbit nasional serta pernah menjadi dosen ilmu penerbitan di tiga PTN (Unpad, PNJ, dan Polimedia). Kini, Bambang Trim mengelola lembaga pendidikan dan pelatihan di bidang penulisan-penerbitan yaitu Alinea Ikapi dan InstitutPenulis.id. Tahun 2016 ia juga terpilih sebagai ketua umum Asosiasi Penulis Profesional Indonesia (Penpro).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here