ALINEA Akhirnya

4
365

Lebih kurang enam bulan kami menggodok sebuah konsep. Konsep sebuah program pelatihan penulisan-penerbitan yang awalnya digagas dengan pola inkubator untuk para calon penulis. Namun, konsep pun berkembang menjadi sebuah akademi.

Mengadaptasi Publishing Training Center (PTC) di Inggris yang didirikan oleh asosiasi penerbitan di sana maka konsep akademi ini pun akhirnya dipresentasikan di Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi). Nama yang dipilih sangat mengena yaitu AKADEMI LITERASI DAN PENERBITAN INDONESIA atau disingkat ALINEA. Kata “literasi” digunakan untuk menggambarkan materi pelatihan yang juga mengangkat soal kecerdasan literasi: mendengarkan-berbicara-membaca-menulis sebagai kecerdasan yang sangat perlu ditanamkan. Karena itu, akademi ini diselenggarakan dengan misi meningkatkan kemampuan serta profesionalitas di bidang penulisan-penerbitan.

Target ALINEA yang diselenggarakan dalam bentuk kursus singkat ini juga diluaskan tidak hanya untuk kalangan perbukuan, tetapi juga masyarakat umum, terutama para akademisi (guru, dosen, widyaiswara), praktisi humas, dan juga praktisi komunikasi pemasaran, bahkan ibu rumah tangga atau pelajar sekalipun yang ingin mampu menulis-menerbitkan buku. Untuk itu, ALINEA juga mengadakan mata kursus Better Business Writing guna meningkatkan kemampuan menulis memo, surat, laporan, dan konten web bagi para praktisi humas, sekretaris, atau juga staf promosi-marketing. Selain itu, ada juga mata kursus unik Copywriting for Publishers untuk para editor maupun staf promosi-marketing penerbitan.

Ikapi akan memaklumkan penyelenggaraan kursus reguler ini mulai Januari 2013 dan akan diluncurkan pada ajang Indonesia Book Fair pertengahan November 2012. Kursus reguler tahap pertama diselenggarakan dalam empat bulan dengan 2 mata kursus setiap bulannya. Berikut mata kursus empat bulan pertama (caturwulan I) Januari-April 2013.

No KODE KATEGORI KURSUS

DURASI HARI/JAM

1 CES-01 Copy-Editing Skills

3/18

2 WPA9-B-01 Writing & Publishing Academic Book

3/18

3 CWP-01 Copywriting for Publishers

2/12

4 EAP-01 Editorial Acquisition Planning

2/12

5 WPNB-01 Writing & Publishing Nonfiction Book

3/18

6 RSE-01 Rewriting & Substantive Editing

2/12

7 BBW-01 Better Business Writing

2/12

8 CES-02 Copy-Editing Skills

3/18

Pada caturwulan II akan ada penambahan mata kursus baru di bidang penulisan-penerbitan buku anak, penulisan-penerbitan biografi/autobiografi, penulisan-penerbitan buku fiksi, perwajahan buku dengan In-Design, dan digital publishing. ALINEA juga dipersiapkan memenuhi kegiatan kursus atau lokakarya (workshop) secara customize dengan pola in-house ataupun in-company training, termasuk juga program peningkatan kecerdasan literasi di sekolah-sekolah untuk para guru dan pelajar (siswa).

Siapa tutor yang akan terlibat? Hal utama yang dipersiapkan ALINEA adalah metode dan materi yang memang dirancang secara khusus untuk memenuhi kebutuhan dalam bidang penulisan-penerbitan. Standar materi adalah standar publishing science dan writing skills yang banyak digunakan dalam kursus-kursus internasional. Karena itu, tutor yang terlibat pun adalah mereka yang sudah memiliki pengalaman dalam dunia penulisan-penerbitan serta telah menghasilkan banyak karya penerbitan.

Informasi lengkap akan terkemas dalam bentuk Direktori ALINEA 2013 yang dapat diperoleh di Sekretariat Ikapi, Jalan Kalipasir, No. 32, Jakarta Pusat; Telepon 021-31902532, 3141907; Faksimile 021-31926124, 3146050 mulai awal November 2012. Direktori juga dapat diunduh di website resmi Ikapi: www.ikapi.or.id. Direktori akan memandu Anda untuk merencanakan karier dengan mengikuti mata kursus tertentu.

Biaya kursus mulai Rp2.200.000,00 untuk penyelengaraan 2 hari dengan fasilitas sertifikat resmi ALINEA-IKAPI, modul eksklusif, materi pendukung dalam format pdf di dalam CD, konsultasi gratis pascatraining, kartu anggota ALINEA, foto kegiatan, termasuk juga makan siang dan rehat kopi. Benefit utama tentunya ilmu serta keterampilan langka yang Anda dapatkan dari tutor-tutor berpengalaman serta jejaring penulisan-penerbitan yang lebih luas.

Segera bergabung menjadi warga ALINEA pada tahun 2013. Pendaftaran mulai dibuka November 2012. Sampai jumpa. []

Bambang Trim adalah praktisi di bidang penulisan-penerbitan dengan pengalaman lebih dari 20 tahun. Ia juga telah menulis lebih dari 160 judul buku sejak 1994. Bambang Trim pernah menjabat posisi puncak di beberapa penerbit nasional serta pernah menjadi dosen ilmu penerbitan di tiga PTN (Unpad, PNJ, dan Polimedia). Kini, Bambang Trim mengelola lembaga pendidikan dan pelatihan di bidang penulisan-penerbitan yaitu Alinea Ikapi dan InstitutPenulis.id. Tahun 2016 ia juga terpilih sebagai ketua umum Asosiasi Penulis Profesional Indonesia (Penpro).

4 KOMENTAR

  1. Luar biasa gagasannya, tapi kok bayar, ya? Saya pikir, karena termasuk proyek Ikapi akan digratiskan untuk–

    minimal–anggotanya. Sebab, jujur sejujur-jujurnya, kami sangat memerlukan tambahan keahlian dalam dunia tulis-

    menulis; dan, tentunya, harapan terbesar kami adalah pemberdayaan dari pihak luar perusahaan, yang secara

    notabene menaungi penerbit-penerbit di negeri ini.

    Komentar ini tiada dimaksudkan menyerang, jadi mohon tidak ditanggapi secara serius (terjemah bebas untuk: No

    offense, so don’t take it seriously :))

    • Mengapa harus beranggapan komentar ini menyerang? 🙂 Dan memang harus ditanggapi dengan santai…. Ini sama saja dengan bertanya: “Mengapa Ikapi mengadakan pameran dan pesertanya yang membuka booth harus membayar ya?” Padahal yang ikut sebagian besar anggota Ikapi. Ini bukan proyek Mas, tetapi program pengembangan diklat dalam bentuk kursus. Di negara lain, seperti Singapura atau Inggris, program serupa juga berbayar dan diselenggarakan dengan profesional meskipun di bawah naungan asosiasi. Jujur kita memulai hanya dari modal tempat dan beberapa fasilitas. Untuk membayar tutor, menghargai karya mereka dalam bentuk modul dan metode tentu memerlukan dana. Jelas Ikapi bukan lembaga profit yang punya dana besar untuk menyelenggarakan kursus yang profesional semacam ini. Anggota Ikapi akan mendapatkan diskon khusus jika mengirimkan wakilnya. Hasil dari ALINEA ke depan juga akan digunakan dalam kegiatan yang bersifat sosial; kursus literasi untuk sekolah-sekolah, guru-guru, atau anak-anak kurang mampu nantinya, bahkan mungkin beasiswa. Begitulah jawaban… Tengkyu…

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here