5 Langkah Taktis Menyusun Buku Akademis

0
562

BT-5

Anda seorang pendidik (guru, dosen, widyaiswara, tutor)? Sudah berapa buku yang Anda hasilkan selama karier Anda? Belum satu pun?

Baiklah, tentu Anda mafhum bagaimana buku bisa menjadi wahana untuk meroketkan karier Anda. Jumlah poin karya dalam bentuk buku memang menggiurkan dalam menambah angka kredit kenaikan pangkat. Karena itu, salah satu percepatan yang nyata bagi seorang akademisi mencapai jabatan atau golongan yang diinginkannya adalah dengan produktif menulis buku.

Kami sajikan langkah taktis berikut ini untuk menerbitkan buku Anda.

  1. Gunakan bahan dasar penulisan buku adalah handout yang Anda buat mungkin berupa lembaran-lembaran bahan ajar ringkas ataupun slide-slide Powerpoint. Materi-materi tersebut dapat dikumpulkan dan dikembangkan menjadi bahan dasar buku berupa modul, diktat, buku ajar, atau buku teks.
  2. Tetapkanlah kebutuhan mendesak Anda dalam berkarya saat ini yaitu apakah Anda harus menyusun modul, diktat, buku ajar, atau buku teks. Karena itu, kenali pula perbedaan di antara jenis-jenis bahan ajar cetak itu. Selain itu, Anda pun harus mengenali anatomi setiap bahan ajar cetak. (Lihat gambar)
  3. Mulailah menyusun buku berbasis bahan ajar berdasarkan kurikulum/silabus dan pertimbangan masa penggunaan–apakah buku digunakan untuk satu tahun atau satu semester. Ingat bahwa buku berbasis kurikulum/silabus berjenis modul, diktat, dan buku ajar. Adapun buku teks, materinya tidak mengacu pada kurikulum/silabus pembelajaran dan digunakan sebagai pengayaan. Karena itu, Dikti Kemdikbud membedakan dua jenis buku yaitu buku ajar dan buku teks dalam pemberian bantuan dana berupa hibah yang mencapai nilai puluhan juta rupiah.
  4. Anda dapat mulai mengerjakan sendiri naskah di aplikasi semacam MS-Word dan menerbitkannya sendiri lewat lembaga penerbit ataupun lembaga tempat Anda bekerja. Namun, Anda bisa mendapatkan sentuhan profesional dalam penggarapan buku dengan cara menggunakan layanan penerbitan seperti yang ditawarkan Trim Komunikata. Trim Komunikata (TrimKom) adalah sebuah lembaga jasa penerbitan (publishing service) dan perajin buku (book packager) yang telah berpengalaman membantu para akademisi menerbitkan buku.
  5. Meskipun tema atau topik yang Anda gagas sudah banyak yang menerbitkan, Anda masih bisa menerbitkannya dengan menggunakan unsur-unsur pembeda dan fitur-fitur pengayaan. Untuk itu, Anda dapat berkonsultasi dengan para penulis atau editor berpengalaman. TrimKom menawarkan konsultasi langsung dengan Bambang Trim, praktisi penulisan-penerbitan Indonesia. Bambang Trim adalah pemilik dan pengelola TrimKom yang juga telah menulis lebih dari 150 judul buku.

Workshop Modul PKLK4Workshop Modul PKLK5

TrimKom Mendukung Anda

TrimKom siap mendukung Anda untuk mewujudkan bahan ajar dalam bentuk buku dengan sentuhan profesional. Secara mudah dan murah, Anda dapat memilih paket layanan kami yang dibedakan berdasarkan ketebalan, ukuran buku, dan spesifikasi cetak.

Layanan kami terdiri atas penulisan ulang (rewriting), editing, perwajahan isi (interior), perwajahan kover, dan pencetakan sistem print-on-demand (POD). Anda dapat memilih satu paket layanan mulai editing hingga cetak atau juga layanan tambahan penulisan ulang (rewriting) manakala Anda belum percaya diri untuk menyajikan gagasan ke dalam bentuk tulisan.

Tarif di bawah ini sudah termasuk hasil cetakan dalam bentuk print-on-demand (POD) yang tidak berbeda dengan cetakan offset dengan jumlah 50 eksemplar. Anda dapat menambah jumlah cetakan dengan biaya hemat secara satuan. Anda juga dapat menggunakan lembaga penerbitan kami berikut ISBN yang terdaftar di Perpusnas apabila Anda belum atau tidak memiliki penerbit.

DAFTAR HARGA PAKET LAYANAN BUKU AKADEMIS

Efektifkan waktu Anda melalui kerja sama dengan TrimKom. Pengerjaan paling cepat dapat kami lakukan selama tujuh hari kerja dengan catatan naskah 99% siap untuk digarap. Anda dapat menghubungi kami melalui narahubung:

Bony Kurniawan di +62-22-6641607 atau +62-22-72227656 (Flexy)| surel: trim_komunikata@yahoo.com

Alur pengerjaan layanan buku akademis di TrimKom.
Alur pengerjaan layanan buku akademis di TrimKom.
Bambang Trim adalah praktisi di bidang penulisan-penerbitan dengan pengalaman lebih dari 20 tahun. Ia juga telah menulis lebih dari 160 judul buku sejak 1994. Bambang Trim pernah menjabat posisi puncak di beberapa penerbit nasional serta pernah menjadi dosen ilmu penerbitan di tiga PTN (Unpad, PNJ, dan Polimedia). Kini, Bambang Trim mengelola lembaga pendidikan dan pelatihan di bidang penulisan-penerbitan yaitu Alinea Ikapi dan InstitutPenulis.id. Tahun 2016 ia juga terpilih sebagai ketua umum Asosiasi Penulis Profesional Indonesia (Penpro).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here