2014: Mari Berkarya dalam Buku

3
365

Tahun 2013 hampir terlampaui. Terkadang masih ada yang mengganjal sebelum berakhirnya 2013 dan kita di Indonesia akan memasuki tahun politik yang riuh, 2014. Ganjalan itu salah satunya belum juga menulis buku atau menerbitkan buku yang baru.

Saya sendiri tahun 2013 ini rasa-rasanya masih meninggalkan segudang PR tentang menulis buku. Masih ada buku-buku karya pribadi yang tertunda terbit dan proses kreatif saya lebih banyak didedikasikan untuk menulis buku-buku pesanan para pelanggan. Itu konsekuensi yang harus diterima seorang writerpreneur.

Namun, saya memang menikmati membantu orang lain menulis buku dan mewujudkannya terbit. Bagaimanapun hal ini memerlukan kerja kreatif yang menguras pikiran plus tenaga untuk merealisasikannya. Banyak klien yang menginginkan bukunya terbit dengan banyak harapan sekaligus permintaan.

Kerja utama yang telah saya tuntaskan adalah bantuan penulisan dan penyuntingan untuk buku Pedoman Penulisan Kedinasan PTPN XII untuk PTPN XII, Bontang: Dalam Potret dan Kata untuk PT Badak NGL, serta juga buku gaya selingkung penerbitan UT–meskipun yang terakhir belum ada kabar tentang penerbitannya. Selain itu, ada pula pengerjaan buku untuk klien perseorangan dengan tema bisnis serta pendidikan. Pekerjaan besar lain yang sangat menantang kreativitas adalah penulisan buku-buku pendidikan antikorupsi yang saya kerjakan bersama tim di TrimKom untuk KPK. Ada lima judul buku untuk KPK yang kami tuntaskan dalam rentang Oktober-Desember 2013.

Saya dan tim di TrimKom mengerjakannya secara terpadu mulai penulisan, penyuntingan, penataletakan, hingga pencetakan buku dengan cara offset ataupun print on demand (POD). Terkadang kami harus jungkir balik dengan tenggat yang ketat, bahkan dua bulan harus menyelesaikan sekian buku.

Tahun 2014, tentu saya dan tim ingin lebih baik lagi dan bisa menghasilkan lebih banyak buku lagi melalui jasa yang ditawarkan. Kami fokus pada klien dari lembaga nonpenerbitan, termasuk perseorangan. Kami juga lebih fokus pada buku-buku bisnis dan buku-buku pendidikan.

iklan-jasa copy

Bambang Trim adalah praktisi di bidang penulisan-penerbitan dengan pengalaman lebih dari 20 tahun. Ia juga telah menulis lebih dari 160 judul buku sejak 1994. Bambang Trim pernah menjabat posisi puncak di beberapa penerbit nasional serta pernah menjadi dosen ilmu penerbitan di tiga PTN (Unpad, PNJ, dan Polimedia). Kini, Bambang Trim mengelola lembaga pendidikan dan pelatihan di bidang penulisan-penerbitan yaitu Alinea Ikapi dan InstitutPenulis.id. Tahun 2016 ia juga terpilih sebagai ketua umum Asosiasi Penulis Profesional Indonesia (Penpro).

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here