300 Orang Akademisi Terkompori Menulis Buku

2
414

Lebih dari 300 orang akademisi, sebagian besar dosen dan beberapa mahasiswa mengikuti Seminar Nasional Penulisan Buku bertajuk “Dari Karya Ilmiah Menjadi Buku Jalan Menuju Keabadian Ilmu”. Selain Prof. Ika dari Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya (UB) yang menyampaikan motivasi penulisan pada sesi awal, saya kemudian didaulat menyampaikan perihal konversi karya tulis ilmiah menjadi buku. Kegiatan akademis yang merupakan kerja sama UB Press dan Ikapi ini diselenggarakan di Hotel Santika Malang, tanggal 4 Desember 2013 lalu.

Hal yang penting dari konversi KTI nonbuku menjadi buku adalah pemahaman akademisi terhadap proses berikut ini:

  1. penyesuaian anatomi KTI nonbuku menjadi anatomi buku, yaitu adanya halaman preliminaries, text matter, dan postliminaries;
  2. pemenuhan syarat spesifikasi buku yaitu ketebalan buku dan ukuran buku yang harus memenuhi ketentuan standar seperti ketentuan Unesco bahwa yang disebut buku adalah terbitan tidak berkala dengan ketebalan  >49 halaman;
  3. penyajian untuk pembaca sasaran yang lebih luas sehingga gaya penyajian dari KTI murni harus diubah menjadi KTI populer.

Seminar yang diselenggarakan hingga pukul 15.00 ini disadari hanya sebagai pemicu awal agar para akademis mau menulis buku, apalagi UB  menyediakan insentif sangat tinggi bagi dosen yang menulis yaitu sebesar Rp25 juta per judul. Untuk membuat dosen mampu menulis buku teks atau buku ajar secara baik dan benar, diperlukan semacam sanggar kerja atau lokakarya paling tidak selama 2-3 hari.

Tertarik untuk mengundang saya berbagi tentang konversi KTI nonbuku menjadi buku di kampus Anda? Silakan hubungi TrimKom 022-6641607 atau Irma (081320200363). Anggaran fee untuk pembicara selama seminar setengah hari adalah Rp3 juta dan Rp5 juta untuk seminar satu hari di luar transportasi-akomodasi pembicara jika berada di luar Bandung-Jakarta.

Prof. Ika sedang menyajikan materi motivasi menulis buku.
Prof. Ika sedang menyajikan materi motivasi menulis buku.
Tiga ratus lebih peserta memadati ruang ballroom Hotel Santika Malang
Tiga ratus lebih peserta memadati ruang ballroom Hotel Santika Malang
Bambang Trim memberikan materi konversi KTI menjadi buku.
Bambang Trim memberikan materi konversi KTI menjadi buku.

 

 

Bambang Trim adalah praktisi di bidang penulisan-penerbitan dengan pengalaman lebih dari 20 tahun. Ia juga telah menulis lebih dari 160 judul buku sejak 1994. Bambang Trim pernah menjabat posisi puncak di beberapa penerbit nasional serta pernah menjadi dosen ilmu penerbitan di tiga PTN (Unpad, PNJ, dan Polimedia). Kini, Bambang Trim mengelola lembaga pendidikan dan pelatihan di bidang penulisan-penerbitan yaitu Alinea Ikapi dan InstitutPenulis.id. Tahun 2016 ia juga terpilih sebagai ketua umum Asosiasi Penulis Profesional Indonesia (Penpro).

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here