Rock Your Writing Career

0
392

big_rock

Sudah lama saya memang menikmati pekerjaan sebagai penulis. Lalu, lebih maju lagi sejak tahun 2000-an, saya memulainya sebagai bisnis. Karier di dunia penulisan masihlah menjanjikan seperti yang saya tulis di buku 5W + 1H Writerpreneur yang diterbitkan TrimKom tahun 2014 ini.

Untuk mereka yang menetapi jalan writerpreneur, menulis dapat dipandang secara lebih luas, bukan hanya penulisan buku. Buku memang jelas menguatkan jenama ‘personal branding’ seorang penulis, tetapi lebih dari itu ia pun bisa mengeksplorasi kemampuan menulis untuk hal lain yang tidak terkait dengan buku.

Saya selalu “memeriahkan” karier menulis dengan pekerjaan di luar buku meskipun sejatinya saya memang banyak mengeksplorasi dunia buku.  Namun, jenama yang sudah melekat sebagai “tukang buku” membuat pekerjaan ini tidak lepas sepanjang tahun.

Tahun lalu saya menuntaskan buku untuk KPK, untuk PT Badak NGL, dan juga untuk PTPN XII. Belum lagi buku-buku untuk perseorangan, baik sebagai ghost writer, co-writer, atau editor. Saya memang biasa memosisikannya secara fleksibel.

Tahun ini (2014) ada rencana kerja sama penggarapan buku dengan sebuah institusi pendidikan ternama di Jakarta. Buku yang akan saya garap adalah buku teks perguruan tinggi. Namun, sebelumnya saya juga sudah bekerja sama dengan Pusdiklatnakes yang membawahkan Poltekkes untuk menyusun buku ajar yaitu buku ajar Pendidikan dan Budaya Antikorupsi, Imunisasi, serta Kesehatan Ibu dan Anak.

Ya, berbeda-beda tantangan memang mematangkan saya dan tim di TrimKom untuk mengolah sebuah buku dari ide hingga desain cetaknya. Kunci dari semua ini karena memang saya mencintai, mengakrabi, dan menyelisik terus dunia penulisan serta penerbitan sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari dunia keseharian saya. Karena itu, secara praktik dan teori diseimbangkan.

Tanggal 3-4 Mei 2014, semangat entrepreneurship ini pun hendak saya bagikan kepada para peserta kursus “Menulis Buku Populer”. Mereka akan saya bawa pada pemahaman menulis sebagai keterampilan hidup. Jika sebagai karier, mereka bisa memanfaatkannya untuk menjemput rezeki.

Ok, Rock Your Writing Career! [BT]

 

Bambang Trim adalah praktisi di bidang penulisan-penerbitan dengan pengalaman lebih dari 20 tahun. Ia juga telah menulis lebih dari 160 judul buku sejak 1994. Bambang Trim pernah menjabat posisi puncak di beberapa penerbit nasional serta pernah menjadi dosen ilmu penerbitan di tiga PTN (Unpad, PNJ, dan Polimedia). Kini, Bambang Trim mengelola lembaga pendidikan dan pelatihan di bidang penulisan-penerbitan yaitu Alinea Ikapi dan InstitutPenulis.id. Tahun 2016 ia juga terpilih sebagai ketua umum Asosiasi Penulis Profesional Indonesia (Penpro).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here