Siapa yang Berpeluang Hebat Menulis Buku

2
359

Boleh saja itu disebut minat, hasrat, atau bahkan ambisi ketika seseorang ingin menulis buku. Ia bisa siapa saja. Ibu rumah tangga, pencinta alam, PNS, pengusaha, guru, peneliti, atau bahkan seorang dokter.

Jalan untuk menulis dan menerbitkan buku kini semakin mudah. Orang biasanya hanya terkendala pada kemampuan menulis itu sendiri. Kemampuan menulis yang mampu memiliki daya pikat karena enak dibaca, sekaligus mudah dipahami. Kebanyakan orang tidak mampu menulis dengan baik meskipun terkadang ia merasa sudah menulis dengan baik.

Dalam banyak hal, kemampuan ini dapat dilatihkan dan dimunculkan. Contohnya, dengan cara memiliki blog atau website pribadi, lalu memulai menulis tentang apa pun atau tentang sesuatu yang spesifik. Selain itu, bisa juga seseorang mengikuti sebuah kelas penulisan atau mengangkat seorang coach untuk itu.

Nah, jika apa yang ditulis itu menarik hati bagi seseorang (si penulisnya), belum tentu buat yang membacanya. Dalam tulisan tersemat tema, topik, dan judul yang menggambarkan isi tulisan. Karena itu, seorang penulis yang bersiap meluncurkan tulisannya ke publik pun harus tahu psikologi pembacanya atau dalam bahasa penerbitan harus memahami benar siapa pembaca sasarannya–termasuk juga kesenangan dan kebutuhan-kebutuhan pembaca.

 

Ada peluang besar terbuka untuk mereka  yang ingin menulis buku apabila memiliki bahan dasar tiga berikut ini.

Kisah hidup yang menarik. Setiap  manusia memiliki kisah hidup, namun memang tidak setiap manusia memiliki kisah hidup menarik. Apabila ada seseorang tipe pejuang dalam hidup, tipe pemimpi, ataupun tipe pekerja keras, biasanya ia akan memiliki satu jalinan kisah hidup yang menarik, penuh dinamika. Kisah itulah yang dapat menjadi bahan dasar buku. Seseorang yang bukan siapa-siapa atau tidak populer di mata masyarakat bisa saja menuliskan kisah hidupnya, dengan syarat benar-benar inspiratif, unik, serta menggugah. Paling tidak kisah hidup itu berguna dalam lingkup terkecil keluarga hingga lingkup besar: Indonesia dan dunia.

Ilmu yang bermanfaat. Soal ini dapat dipunyai oleh mereka yang menempuh jalur pendidikan formal ataupun informal sehingga menguasai sebuah ilmu yang pantas dibagikan. Pengalaman praktik biasanya makin memperkaya pendalaman ilmu tersebut. Karena itu, ilmu yang bermanfaat bisa menjadi bahan dasar sebuah buku meskipun pada kenyataan sudah ada, bahkan sudah banyak yang menuliskan tentang ilmu tersebut. Selalu ada sudut pandang baru bagi seorang ilmuwan untuk menuliskan tentang ilmunya, termasuk memperkayanya dengan contoh-contoh baru ataupun fenomena baru.

Pengalaman sebagai pakar. Pakar itu muncul dalam kehidupan manusia sehari-hari sebagai orang yang memiliki keahlian khusus, dari hal yang tampak remeh hingga sangat penting. Ada pakar tanaman hias, ada pakar origami, ada pakar hewan peliharaan, ada pakar otomotif, ada pakar kesehatan, ada pakar bakteri, ada pakar bencana alam, ada pakar teknologi informasi. Ya, begitu banyak sehingga sangatlah layak para pakar itu menulis buku.

Nah, apakah Anda termasuk dalam lingkaran pakar tersebut?

infografik-peluang

Jika Anda mendeteksi di dalam diri Anda terdapat tiga bahan dasar tadi, mengapa tidak segera menuliskannya dalam bentuk buku. Anda dapat memulai dari model buku sederhana berupa kumpulan tulisan atau langsung buku serius yang merupakan tahapan demi tahapan sebuah kisah, ilmu, ataupun kepakaran.

Selamat merencanakan buku pada 2015 ini.

©2015 oleh Bambang Trim

Bambang Trim adalah praktisi di bidang penulisan-penerbitan dengan pengalaman lebih dari 20 tahun. Ia juga telah menulis lebih dari 160 judul buku sejak 1994. Bambang Trim pernah menjabat posisi puncak di beberapa penerbit nasional serta pernah menjadi dosen ilmu penerbitan di tiga PTN (Unpad, PNJ, dan Polimedia). Kini, Bambang Trim mengelola lembaga pendidikan dan pelatihan di bidang penulisan-penerbitan yaitu Alinea Ikapi dan InstitutPenulis.id. Tahun 2016 ia juga terpilih sebagai ketua umum Asosiasi Penulis Profesional Indonesia (Penpro).

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here