Kreatif Merancang Leaflet

0
767

Tampak sepele memang, namun leaflet termasuk ampuh sebagai publikasi, baik berupa iklan maupun informasi. Dengan hanya enam halaman yang dapat dibuat dari kertas A4 dan dilipat, leaflet dapat disusun secara sederhana, tetapi harus tetap tampil memikat.

Urusan membuat leaflet ini ternyata perlu juga dilatihkan untuk para pengelola kursus dan pelatihan. Karena itu, saya pun diminta mengisi materi ini pada tanggal 11-13 Februari 2015 di Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) IPA. Adalah Direktorat Jenderal PAUDNI Kemdikbud yang menyelenggarakan pelatihan ini. Dua hal penting dari leaflet adalah konten dan konteks (kemasan). Artinya, jika kemasan atau desain tampak bagus, tetapi kontennya memble, juga tidak akan berdaya. Sebaliknya, konten apik, tetapi desain memble, juga tidak akan memikat. Keduanya memerlukan paduan keahlian tersendiri. Biasanya yang mengerjakan leaflet terdiri atas dua orang. Satu bertindak sebagai pembuat skrip (teks) atau bisa disebut copy writer dan satu orang sebagai desainer. Dengan aplikasi pengolah kata ataupun desain seperti MS-Word dan MS-Publisher, seseorang bahkan sudah dapat merancang sendiri leaflet dengan template yang ada. Jadi, tidak perlu susah-susah dalam desainnya karena teknologi sudah membantu. Untuk yang lebih profesional, biasanya  menggunakan aplikasi In-Design ataupun Corel Draw untuk membuat leaflet. Memang diperlukan sentuhan artistik dalam leaflet meskipun tadi, publikasi ini tampak sepele alias “ringan dan lucu”. Yuk, ngintip slide handout yang saya persiapkan untuk pelatihan tersebut. Kalau Anda tertarik untuk menggelar pelatihan serupa, tinggal kontak saya saja. He-he-he. Slide2 Di sini memang banyak orang yang merancukan pengertian leaflet dengan brosur atau bahkan pamflet dan flyer. Nah, kita luruskan di sini. Slide4 Tentu dong pembuat leaflet harus paham untuk apa bahan publikasi ini dibuat.   Slide6 Beginilah cara merencanakan sebuah leaflet. Proses tahap demi tahap. Slide8 Biar lebih afdol, ketahui juga anatomi leaflet. Slide9 Slide10 Ternyata leaflet banyak jenisnya. Bentuk paling populer adalah tri fold dengan tiga lipatan. Slide11 Slide12 Nah, itu beberapa slide handout yang saya sajikan. Ada totalnya 30 slide yang akan disampaikan kurang lebih dalam waktu satu jam. ©2015 oleh Bambang Trim

Bambang Trim adalah praktisi di bidang penulisan-penerbitan dengan pengalaman lebih dari 20 tahun. Ia juga telah menulis lebih dari 160 judul buku sejak 1994. Bambang Trim pernah menjabat posisi puncak di beberapa penerbit nasional serta pernah menjadi dosen ilmu penerbitan di tiga PTN (Unpad, PNJ, dan Polimedia). Kini, Bambang Trim mengelola lembaga pendidikan dan pelatihan di bidang penulisan-penerbitan yaitu Alinea Ikapi dan InstitutPenulis.id. Tahun 2016 ia juga terpilih sebagai ketua umum Asosiasi Penulis Profesional Indonesia (Penpro).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here