Proyek Buku: Kurasi 1.000 Wonderful Moments Telkom

Saya akan posting beberapa proyek penulisan yang usai digarap sebagai informasi pembelajaran untuk para writerpreneur. Pada dasarnya keperluan akan publikasi menjangkau semua bidang. Karena itu, pengerjaan aneka macam publikasi, terutama buku, selalu diperlukan. Contohnya, yang dilakukan PT Telkom terkait momen KAA 2015 yang lalu.

Buku fotografi yang kontennya dominan adalah foto termasuk buku yang juga banyak diterbitkan. Ada yang mengungkap seni fotografi itu sendiri. Ada yang mengungkap suatu lintasan sejarah. Lalu, ada pula yang memang mengungkap sebuah momentum tertentu.

Saya mendapatkan kesempatan melakukan kurasi, atau tepatnya editing, buku kumpulan hasil jepretan kaum profesional ataupun awam dalam momentum Konferensi Asia Afrika 2015 beberapa waktu lalu. Adalah PT Telkom lewat Digital Business Division, U-Contest, mengadakan lomba foto terkait momentum KAA 2015. Alhasil, diterimalah ribuan foto jepretan dari yang amatiran hingga profesional yang mengabadikan suasana menjelang dan saat KAA 2015 yang bersejarah berlangsung di Jakarta dan Bandung.

Lalu, PT Telkom pun membukukan foto-foto itu. Draf awal sudah jadi. Namun, saya kembali membongkar semua foto dan memilah foto yang layak. Foto-foto itu dikelompokkan dalam beberapa topik yang menjadi bab. Itulah pekerjaan awal yang dilakukan.

Tiap awal bab saya bubuhkan satu sampai dua paragraf teks pengantar. Lalu, juga mencermati teks keterangan gambar (caption) untuk diedit. Selain itu, ditata ulang kembali perwajahan buku oleh desainer setelah dilakukan brain stroming.

Buku yang dikatapengantari Walikota, Ridwan Kamil, ini pun dikerjakan relatif hanya dalam tempo dua minggu. Besarnya fail foto menjadi kesulitan tersendiri di tengah kekuatan internet yang turun naik. Namun, alhamdulillah, buku tersebut bisa tuntas pada 21 Juni kemarin.

Cover Telkom_Page_1

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.