Imlek dan Buku

0
411
Foto: Alexander Solodukhin

Manistebu.com | Gong Xi Fat Chai! Tanggal 8 Februari 2016 berkelir merah pada kalender karena tepat menjadi awal tahun baru Cina atau tahun baru Imlek. Tahun ini adalah perayaan Imlek (kongian) ke-2567.

Ada yang menarik jika mengaitkan Imlek dengan buku bahwa buku-buku dengan kover dominan berwarna merah pun akan meramaikan pajangan di toko-toko buku. Tahun baru bagi etnis Cina memang akrab dengan ramalan. Kali ini disebut Tahun Monyet Api maka buku-buku tentang ramalan tahun baru tersebut juga diterbitkan oleh berbagai penerbit.

Beberapa toko buku mengadakan diskon khusus untuk acara tahunan ini. Contohnya TB Togamas Solo yang memberi diskon 25% pada buku tertentu. Demikian juga penerbit Andi Publisher memberikan diskon 30% untuk buku-buku bertopik Cina.

Di luar buku ramalan, tentu saja banyak buku-buku yang berlatar Cina menarik untuk dibaca, seperti buku sejarah, buku kesehatan, ataupun novel-novel klasik yang membuat Anda terhanyut. Jadi, angpao yang diterima, silakan dibelikan buku yang menarik.

Bambang Trim adalah praktisi di bidang penulisan-penerbitan dengan pengalaman lebih dari 20 tahun. Ia juga telah menulis lebih dari 160 judul buku sejak 1994. Bambang Trim pernah menjabat posisi puncak di beberapa penerbit nasional serta pernah menjadi dosen ilmu penerbitan di tiga PTN (Unpad, PNJ, dan Polimedia). Kini, Bambang Trim mengelola lembaga pendidikan dan pelatihan di bidang penulisan-penerbitan yaitu Alinea Ikapi dan InstitutPenulis.id. Tahun 2016 ia juga terpilih sebagai ketua umum Asosiasi Penulis Profesional Indonesia (Penpro).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here