Mengubah Hasil Penelitian Menjadi Buku

0
727

INSTITUT PENULIS INDONESIA BEKERJA SAMA DENGAN YAYASAN GEMAR MEMBACA INDONESIA AKAN MENGGELAR PELATIHAN KONVERSI KTI NONBUKU MENJADI BUKU.

Pelatihan ini layak diikuti para guru, dosen, widyaiswara, dan peneliti yang selama ini kesulitan untuk mengembangkan gagasan menulis buku nonfiksi ilmiah populer. Di sisi lain, para akademisi tersebut telah memiliki bahan baku berupa hasil penelitian yang dapat dikembangkan menjadi buku.

Pelatihan dengan investasi Rp2 juta (diskon promo 20%) ini akan digelar tanggal 23-24 Maret 2016, bertempat di Komp. Ruko Maya Indah No. 5C, Jalan Kramat Raya, Senen (Sebelum LP3I), Jakarta Pusat. Tutor pelatihan adalah praktisi penulisan-penerbitan, Bambang Trim dan R. Masri Sareb Putra.

Metode pelatihan yang diterapkan adala proses menulis standar:

  • Prewriting: bagaimana mengembangkan gagasan penulisan buku nonfiksi;
  • Drafting: bagaimana menulis dan menyajikan naskah;
  • Revising: bagaimana memperbaiki naskah dan membuat naskah lebih berdaya;
  • Editing: bagaimana menemukan kesalahan-kesalahan elementer pada naskah;
  • Publishing: bagaimana cara menerbitkan buku.

Pelatihan langka ini akan digelar mulai pukul 8.30 s.d. 16.00. Para peserta akan mendapatkan fasilitas diktat + presentasi dalam flashdisk + makan siang + 2 kali kudapan + sertifikat. Pasca pelatihan, peserta juga diberi kesempatan konsultasi dan bimbingan gratis untuk mewujudkan naskah buku.

Pelatihan serupa pernah digelar dengan tutor Bambang Trim bersama LIPI Press, Fak. Kedokteran Unpad, Fak. Ekonomi dan Bisnis Univ. Jambi, Universitas Muhammadiyah Malang, IAARD Press (Balitbangtan), Puslitair Kemen PUPR, Puslit Biomaterial LIPI, dan lain-lain.

Pendaftaran dapat menghubungi email: institutpenulis@gmail.com.

Bambang Trim adalah praktisi di bidang penulisan-penerbitan dengan pengalaman lebih dari 20 tahun. Ia juga telah menulis lebih dari 160 judul buku sejak 1994. Bambang Trim pernah menjabat posisi puncak di beberapa penerbit nasional serta pernah menjadi dosen ilmu penerbitan di tiga PTN (Unpad, PNJ, dan Polimedia). Kini, Bambang Trim mengelola lembaga pendidikan dan pelatihan di bidang penulisan-penerbitan yaitu Alinea Ikapi dan InstitutPenulis.id. Tahun 2016 ia juga terpilih sebagai ketua umum Asosiasi Penulis Profesional Indonesia (Penpro).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here