Asyik, KBBI IV Sudah Tersedia Daring

0
682

Manistebu.com | Apa yang ditunggu para pencinta bahasa, terutama para penulis hadir juga. KBBI versi terbaru edisi IV kini telah tersedia secara daring (online). Harapan terhadap KBBI daring versi paling baru ini memang kerap dilontarkan pengguna bahasa Indonesia mengingat versi lama kurang lengkap dan lama sekali tidak diperbarui. Tampaknya platform KBBI versi lama memang tidak memungkinkan pembaruan atau memasukkan lema (entri) baru ke dalam kamus.

KBBI IV memuat 92.011 lema. Banyak kata atau istilah baru telah masuk jika dibandingkan dengan versi lama. Sebelumnya, sebagai pesaing ada juga KBBI.web.id yang bahkan lebih banyak dirujuk karena selalu diperbarui. KBBI.web.id dikembangkan oleh Ebta Setiawan.

Sumber: Ivan Lanin
Sumber: Ivan Lanin

Publik harus menunggu delapan tahun sejak kali pertama KBBI daring diaktifikan. Kini di portal http://kbbi4.portalbahasa.com/, KBBI IV sudah dapat diakses. Tampilannya sederhana. Kata yang dicari dapat ditikkan pada sudut pencarian di bagian kanan atas. Selain itu, di bagian bawah ada pencarian khusus, yaitu pencarian Alfabetis, Kelas Kata, Bidang, Entri Acak, Ragam, dan Asal Bahasa.

Sewaktu Manistebu mencoba fitur Bidang, terdapat sejumlah kata/istilah dalam bahasa Indonesia. Sayangnya keterangan padanan kata asing dari lema tersebut tidak ada sehingga pengguna tidak dapat mengetahui kata asing apa yang telah diindonesiakan. Sebagai contoh pada bidang grafika ada kata juru atak yang merupakan transliterasi dari layouter.

KBBI-IV-2

Wajar jika edisi perdana KBBI IV daring ini masih ada yang perlu diperbaiki. Memang sebaiknya menggunakan versi beta yang senantiasa dapat diperbarui. Fungsi KBBI IV daring ini bagi pengguna di antaranya

  • mengecek penulisan baku atau ejaan baku sebuah kata (jika Anda mengetikkan kata yang salah eja atau tidak baku, akan ada keterangannya atau Anda harus mencoba kata lain);
  • mengetahui arti atau makna sebuah kata/istilah;
  • mengetahui kata sesuai dengan ragamnya;
  • mengetahui asal usul kata dari bahasa daerah;
  • mencari istilah dan arti dalam suatu bidang.

Untuk lebih jelasnya silakan mencoba langsung.

Bambang Trim adalah praktisi di bidang penulisan-penerbitan dengan pengalaman lebih dari 20 tahun. Ia juga telah menulis lebih dari 160 judul buku sejak 1994. Bambang Trim pernah menjabat posisi puncak di beberapa penerbit nasional serta pernah menjadi dosen ilmu penerbitan di tiga PTN (Unpad, PNJ, dan Polimedia). Kini, Bambang Trim mengelola lembaga pendidikan dan pelatihan di bidang penulisan-penerbitan yaitu Alinea Ikapi dan InstitutPenulis.id. Tahun 2016 ia juga terpilih sebagai ketua umum Asosiasi Penulis Profesional Indonesia (Penpro).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here