Pelatihan Editor Naskah Profesional Agustus 2016 (Diundur)

0
822

Manistebu.com | Untuk kali kedua, Institut Penulis Indonesia (InsPena) menyelenggarakan pelatihan di bidang editing naskah bertajuk PELATIHAN EDITOR NASKAH PROFESIONAL. Pelatihan ini boleh dikatakan langka karena tidak banyak lembaga pendidikan mampu menyelenggarakannya.

Pelatihan dimaksudkan untuk mengasah kemampuan editing naskah bagi siapa pun, terutama para penulis, editor, pengelola media, guru, dosen, sekretaris, praktisi humas, yang dalam keseharian berkecimpung dengan produk tulis-menulis.

Materi yang diajarkan, yaitu

  1. Profesi dan Lingkup Kerja Editing Naskah;
  2. Dasar-Dasar Editing Naskah;
  3. Pengetahuan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) dan kasus-kasus kebahasaan;
  4. Pengetahuan Gaya Selingkung Penerbitan dan Penerapannya;
  5. Editing Legalitas, Kesopanan, dan Data-Fakta;
  6. Praktik Editing Mekanik (Manual dan Komputer); dan
  7. Studi Kasus.

Seyogianya pelaksanaan pelatihan pada 3-4 Agustus 2016, namun InsPena memundurkan waktu pelaksanaan menjadi 25-26 Agustus 2016 bertempat di Hotel Bumi Sawunggaling, Bandung–hotel bintang tiga yang nyaman dan asri di pusat kota Bandung.

Pelatihan Editor Naskah Profesional

Acara dimulai pukul 13.00 s.d. 21.00 (check-in pukul 12.00) pada hari I dan pukul 8.00 s.d. 15.00 pada hari kedua. Mentor dalam pelatihan ini adalah Bambang Trim dan Fachmy Casofa yang merupakan editor dan praktisi penerbitan berpengalaman.

Untuk permintaan kerangka acuan kegiatan (TOR) silakan mengirimkan pos-el ke InstitutPenulis.id@gmail.com atau dapat diunduh di sini: TOR-Pelatihan-Editing-Naskah-IPI.small

Kontak WA/SMS

  • 0818509988 (Abi Ratno/Chief Marketing Officer)
  • 089618214287 (Fifi/Marketing Staff)
Bambang Trim adalah praktisi di bidang penulisan-penerbitan dengan pengalaman lebih dari 20 tahun. Ia juga telah menulis lebih dari 160 judul buku sejak 1994. Bambang Trim pernah menjabat posisi puncak di beberapa penerbit nasional serta pernah menjadi dosen ilmu penerbitan di tiga PTN (Unpad, PNJ, dan Polimedia). Kini, Bambang Trim mengelola lembaga pendidikan dan pelatihan di bidang penulisan-penerbitan yaitu Alinea Ikapi dan InstitutPenulis.id. Tahun 2016 ia juga terpilih sebagai ketua umum Asosiasi Penulis Profesional Indonesia (Penpro).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here