BMKG & IPI Siapkan “Pasukan Penulis”

0
225
Dok. IPI

Manistebu.com | Untuk kali pertama Institut Penulis Indonesia bekerja sama dengan BMKG akan menggelar Pelatihan Task Force Penulisan Kehumasan pada 17-18 dan 20 April 2017, bertempat di Hotel Ibis, Senen, Jakarta. Pelatihan ini akan diikuti oleh taruna STMKG dan staf BMKG sebanyak 30 orang.

Seminggu sebelumnya dilakukan kegiatan Talent Scouting untuk memilih 30 dari 100 orang yang akan diikutsertakan dalam pelatihan penulisan kehumasan. Acara talent scouting langsung dihadiri Dr. Suko Prayitno Adi, M.Si., Ketua Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG). STMKG mengerahkan 30 orang taruna STMKG untuk dites soal-soal bahasa Indonesia dan menulis.

BMKG memandang penting menyiapkan satuan tugas penulisan untuk mengelola informasi dan media di lingkungan BMKG, terutama informasi terkait cuaca dan juga bencana. Para peserta pelatihan akan dibekali ilmu literasi baca-tulis, literasi media, dan literasi teknologi sehingga diharapkan mampu menulis secara cepat, tepat, dan cermat. Produk tulisan yang dilatihkan di antaranya berita, feature, dan artikel praktis, termasuk editing.

Instruktur pelatihan adalah para penulis profesional yang merupakan anggota Penpro (Asosiasi Penulis Profesional Indonesia), yaitu Bambang Trim, Anang YB, Agung Widyatmoko, dan Adriyanto. Pelatihan ini juga mengantarkan materi penggunaan aplikasi media monitoring yang digunakan BMKG untuk memantau informasi media daring (online) setiap wktu. Pelatihan media monitoring disampaikan oleh Topan dari Omnisains.


Lembaga/instansi Anda tertarik untuk menyiapkan “pasukan penulis” yang mampu mengelola informasi secara cetak maupung daring? Silakan kontak Institut Penulis Indonesia di 021-3909237 atau pos-el institutpenulis.id@gmail.com.

Bambang Trim adalah praktisi di bidang penulisan-penerbitan dengan pengalaman lebih dari 20 tahun. Ia juga telah menulis lebih dari 160 judul buku sejak 1994. Bambang Trim pernah menjabat posisi puncak di beberapa penerbit nasional serta pernah menjadi dosen ilmu penerbitan di tiga PTN (Unpad, PNJ, dan Polimedia). Kini, Bambang Trim mengelola lembaga pendidikan dan pelatihan di bidang penulisan-penerbitan yaitu Alinea Ikapi dan InstitutPenulis.id. Tahun 2016 ia juga terpilih sebagai ketua umum Asosiasi Penulis Profesional Indonesia (Penpro).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here