Menulis Buku 2018, Bukan Sekadar Resolusi

2
313
Foto: Andrew Neel dalam Unsplash

Manistebu.com | Sudah mau masuk tahun 2018, tetapi Anda belum menulis buku juga? Padahal, itu resolusi Anda tahun lalu. Ada apa dengan Anda?

Boleh jadi memang belum terlintas niat di dalam diri Anda untuk menulis buku tentang Anda, tentang pemikiran Anda, tentang pengalaman Anda, atau tentang Anda yang lain. Boleh jadi sudah ada niat, tetapi Anda tidak tahu bagaimana memulainya.

Jadi, pertama yang harus Anda lakukan adalah mengambil kalender 2018. Cermati bulan dan tanggal di dalam kalender. Kapan kira-kira buku pertama Anda sebaiknya diluncurkan. Ya, diluncurkan karena artinya buku Anda terbit sebelum peluncuran.

Mengapa bulan dan tanggal menjadi penting? Karena itulah momentum bagi Anda untuk mulai berkarya menulis buku dengan karya terbaik yang dapat Anda persembahkan.

Kedua, cari jalan bagaimana Anda dapat menulis buku. Apakah Anda akan mencoba dengan diri Anda sendiri? Berarti Anda memerlukan pelatihan dan pembimbingan yang efektif dan jitu agar Anda mampu menulis buku.

Jika Anda berpikir meminta bantuan orang lain, pertimbangkan apakah ia menjadi co-author, co-writer, atau ghost writer bagi Anda. Semua ada plus minusnya, tetapi yang pasti ide Anda tidak hanya mengendap di kepala karena dapat langsung dieksekusi.

Ketiga, Anda harus menetapkan mau menulis buku jenis apa–apakah fiksi atau nonfiksi. Pertimbangkanlah bahan-bahan yang telah Anda miliki, baik berupa ilmu dan pengalaman, serta sumber-sumber referensi. Semakin banyak tersedia sumber, semakin mudah Anda mengeksekusi tulisan.

Keempat, buat target bagaimana Anda menerbitkan buku Anda. Apakah Anda akan menerbitkan sendiri (self-publishing) atau mengirimkannya ke penerbit tertentu? Jika Anda ingin menerbitkan di penerbit besar (mayor), tentu Anda harus ekstra bersabar untuk menantikan penilaian dan penerbitannya. Anda memang tidak dapat mengatur sendiri waktu peluncurannya.

Kelima, mulailah menulis buku pertama Anda pada bulan Januari 2018 agar Anda benar-benar memulai lebih awal dan dapat mengontrol proyek “besar” Anda ini. Jangan ditunda-tunda lagi menulis buku pertama Anda, segera ambil keputusan pada awal tahun.

Jadi, jika resolusi 2018 adalah menulis buku, ini adalah saat yang tepat melakukannya. Boleh saja Anda menargetkan lebih dari satu buku. Mengapa tidak?

Nah, jika Anda belum pe-de juga, coba ikuti kelas privat bersama saya, Bambang Trim. Anda akan diberi pencerahan bagaimana mengeksekusi ide menjadi buku yang berdaya. Salam 2018![]

Bambang Trim adalah praktisi di bidang penulisan-penerbitan dengan pengalaman lebih dari 20 tahun. Ia juga telah menulis lebih dari 160 judul buku sejak 1994. Bambang Trim pernah menjabat posisi puncak di beberapa penerbit nasional serta pernah menjadi dosen ilmu penerbitan di tiga PTN (Unpad, PNJ, dan Polimedia). Kini, Bambang Trim mengelola lembaga pendidikan dan pelatihan di bidang penulisan-penerbitan yaitu Alinea Ikapi dan InstitutPenulis.id. Tahun 2016 ia juga terpilih sebagai ketua umum Asosiasi Penulis Profesional Indonesia (Penpro).

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here