Kids on Business: Entrepreneurship untuk Ananda

2
428

Judul: Kids on Business: Vaksin Wirausaha untuk Ananda; Penulis: Bambang Trim; Penerbit: Tiga Serangkai; Tahun: 2010; Tebal: 120 halaman; Kategori: Entrepreneurship/Parenting.

Ini buku terbaru saya yang praktis secara intensif dikerjakan dalam dua minggu. Saya mulai dengan gagasan pencarian bagaimana sebenarnya entrepreneurship dapat di-install sejak dini. Saya membaca belasan buku dan juga menemukan pencerahan luar biasa dari gagasan entrepreneurship Dr. Ir. Ciputra dalam bukunya Quantum Leap.

Saya sejak awal menggelontorkan ide tentang menara atau mercu suar karier. Awal mula kita bangun pada usia 12 tahun–usia ideal setamat SD untuk mulai menancapkan cita-cita dan impian sebenarnya. Lalu, masuk ke fase kedua, seseorang mulai naik beberapa tangga  mendaki menara, yaitu usia 17 tahun yang menjadi masih labil dalam pencarian jati diri dan harus diisi dengan belajar sekaligus berlatih meningkatkan kompetensi. Selanjutnya, masuk usia 20 tahun yang menjadi masa membangun pondaasi impian yang kokoh. Begitu seterusnya.

Namun, yang paling penting adalah meluruskan pengertian entrepreneur itu sendiri yang sama sekali berbeda dengan pedagang. Entrepreneurship saya ibaratkan sebagai oli yang melumasi banyak mesin: gagasan, kreativitas, inovasi, serta kemampuan memasarkannya. Karena itu, entrepreneurship dimulai dari pengenalan diri (self esteem) yang paling efektif diajarkan sejak dini kepada anak-anak. Hal ini senada dengan yang diungkapkan oleh Dr. Ir. Ciputra bahwa entrepreneurship perlu masuk kurikulum TK dan SD.

Buku ini insya Allah menjadi pengaya khazanah buku-buku entrepreneurship untuk anak yang sudah terbit beberapa di antaranya. Namun, saya coba menampilkan beberapa keunikan sehingga buku ini bernuansa praktis, berbasis juga praktik dan pengalaman sehari-hari penulis, sekaligus ditambah juga pemikiran tentang parenting dan paedagogi untuk anak-anak usia dini maupun SD kelas rendah. Karena itu, buku yang dipengantari oleh Ibu Dewi Utama Faizah (pakar pendidikan anak) ini menjadi buku yang pas untuk menjadi pegangan para orangtua dan guru yang merasa perlu memberikan ‘vaksin’ entrepreneurship kepada anak-anaknya.

Vaksin? Ya, ini termasuk gagasan inti buku ini. Saya mengumpulkan sekian vaksin yang dapat mencegah anak dari virus kemalasan, kebergantungan yang tinggi terhadap orang dewasa, penggangguran, hingga kemudharatan. Untuk itu, buku ini mengandung butir-butir ‘vaksin’ untuk membuat ananda kebal dari berbagai virus yang menggerus jiwa entrepreneurship. Misalnya, bagaimana menginstall cita-cita dan impian sejak dini.

Turunan dari buku ini insya Allah saya wujudkan dalam bentuk buku-buku cerita bergambar (picture book) yang mengandung semangat entrepreneurship untuk anak-anak (Kidpreneur’s Story).  Dengan demikian, buku ini menjadi panduan bagi orangtua atau guru, lalu ada pula buku untuk anak yang imajinatif membawa mereka memasuki dunia entrepreneurship (ingat entrepreneurship tidak selalu identik dengan jual-beli).

Selamat mencari, menemukan, dan membaca buku ini sebagai bahan ajar maupun bahan diskusi. Semoga mencerahkan. Terima kasih.

Testimoni untuk buku ini:

“Sebuah buku pengetahuan sekaligus panduan praktis, yang berhasil mengubah paradigma saya tentang menjadi seorang entrepreneur. Satu pesan saya buat para ORANG TUA dan PENDIDIK, jika Anda ingin MEMBERIKAN SESUATU ‘VAKSIN’ TERBAIK UNTUK ANAK ANDA SEPANJANG HIDUPNYA, MILIKILAH BUKU INI! Bukan untuk diserahkan kepada anak Anda, melainkan untuk Anda yang BISA MENJADIKAN anak Anda sukses sebagai seorang ENTREPRENEUR SEJATI di kemudian hari, yaitu dengan ‘MELAHAP’ SELURUH ISINYA kemudian MEMPRAKTIKKANNYA SEGERA!” (beberapa kata sengaja saya tulis dalam KAPITAL, untuk menunjukkan kepada Anda bahwa dalam konteks ini, kita adalah subyek kesuksesan anak kita)
– AHMAN SUTARDI, penulis buku dan praktisi bisnis.

“Buku yang enak dibaca dan ‘bergizi’. Bagi para guru dan orangtua yang ingin melejitkan potensi seorang anak—khususnya potensi yang terkait dengan kewirausahaan—saya sangat menganjurkan untuk membaca buku ini.
–HERNOWO, penulis Mengikat Makna Update


“Kita sedang bersaing dengan bangsa-bangsa di seluruh dunia, di era dimana persaingan begitu terbuka. Maka tidak cukup hanya ada sekumpulan orang pintar untuk memenangkan persaingan ini. Diperlukan kreativitas, keberanian, tahan uji dan mimpi yang besar. Semua syarat-syarat itu adalah sebagian syarat menjadi entrepreneur. Buku Kids on Business ini akan membantu kita menanamkan Nyali Entrepreneur sejak dini.”

– UST. BUDI PRAYITNO, dai dan Humas PT Shafira Laras Persada


“Bicara SDM tak boleh melupakan sumbernya, anak-anak…dan buku mas Bambang Trim ini menjadi pemicu dan pemacu lahirnya SDM yang berkualitas”
— ANDI YUDHA ASFANDIYAR, pemerhati dan praktisi kreativitas, CEO PicuPacu kreativitas! indonesia


“Banyak kasus tentang vaksin yang membuat orangtua khawatir. Alih-alih mendapatkan kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit, anak malah bermasalah. Tapi percayalah, buku Kids on Business bukan ‘vaksin’ semacam itu. Bambang Trim yang juga wirausahawan handal, sejak dini telah menyuntikan ‘vaksin’ ini pada diri sendiri. Dan beliau menjadi bukti yang tidak perlu dikhawatirkan.”
–IMRAN LAHA – Parents dan Penulis Buku Anak

Buku Kids-on-Business adalah buku luar biasa tentang business, memang banyak buku business yang ada, tapi kebanyakan hanya untuk orang dewasa saja, dan Pak Bambang Trim menulisnya dengan sudut pandang yang berbeda, yaitu untuk anak-anak, tentunya menjadikan buku ini sangat unik dan bernilai tinggi.
Jika Anda ingin anak Anda menjadi Pebisnis yang luar biasa, baca buku ini dan praktikkan di dalam kehidupan Anda dan anak Anda.
~ JOHANES ARIFFIN WIJAYA, Life Inspirator – Motivator – Penulis Buku ~

©2010 oleh Bambang Trim

Bambang Trim adalah praktisi di bidang penulisan-penerbitan dengan pengalaman lebih dari 20 tahun. Ia juga telah menulis lebih dari 160 judul buku sejak 1994. Bambang Trim pernah menjabat posisi puncak di beberapa penerbit nasional serta pernah menjadi dosen ilmu penerbitan di tiga PTN (Unpad, PNJ, dan Polimedia). Kini, Bambang Trim mengelola lembaga pendidikan dan pelatihan di bidang penulisan-penerbitan yaitu Alinea Ikapi dan InstitutPenulis.id. Tahun 2016 ia juga terpilih sebagai ketua umum Asosiasi Penulis Profesional Indonesia (Penpro).

2 KOMENTAR

  1. Wa’alaikum salam,
    Amiin Mas Hidayat. Jika ingin bedah buku ini, silakan nanti kontak penerbitnya di Solo, Mas. Buku ini mungkin baru keluar bulang Maret. Insya Allah, saya siap asal waktunya bisa disetting Sabtu atau Minggu. Terima kasih.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here