Antara ‘Auto’ dan ‘Oto’

1
6437
Foto: Plus Design Studio/Unsplash

Manistebu.com | Saat menulis dan menyusun buku 200+ Solusi Editing saya pun dihadapkan pada kasus penerapan kata-kata baku. Salah satunya adalah penyerapan kata auto menjadi oto.

Kata auto dalam Random House Unabridged Dictionary disebut sebagai bentuk terikat yang bermakna self, same, dan spontaneous seperti yang terkandung di dalam kata automatic. Makna lain yang dikandung dari auto adalah mobil atau yang berhubungan dengan mobil—kata oto juga serapan yang bermakna mobil.

KBBI sebagai kamus rujukan bahasa Indonesia ternyata menyajikan varian penggunaan auto ini dengan pertama tetap mempertahankan kata auto dan kedua menyerapnya menjadi oto. Kata auto berarti mengandung makna ‘sendiri’, ‘sama/serentak’, atau ‘spontan’.

Namun, Anda akan menemukan bentuk lain yang dianggap baku, yaitu pada kata otomat, otomatis, otomatisasi, otomobil, otomotif, dan otonom. Bahkan, kata automasi tetap mempertahankan bentuk auto, sedangkan otomatis, otomatisasi tidak.

Kata automotif pun memiliki bentuk baku lain yaitu otomotif.  Tentu ini contoh ‘keunikan’ bahasa Indonesia dalam soal bentuk serapan untuk tidak menyebutnya sebagai inkonsistensi. Jadi, cek dulu sebelum menggunakan kata berawalan bentuk terikat ini: auto atau oto?

Auto

Oto

autoaktivitas otomat
autobiografi otomatis
autodial otomatisasi
autodidak otomobil
autodidaktik otomotif
autodin otonom
autofobia otonomi
autogami otoritas
autogen
autograf
autogram
autokrasi
autokrat
autokritik
automasi
automaton
automobil
automotif
autotoksin
autotrof

 

Sebagaimana di dalam daftar, kata yang baku adalah autobiografi bukan otobiografi. Autobiografi sebutan untuk buku kisah hidup yang ditulis sendiri oleh si empunya kisah. Demikian pula dengan kata ‘autodidak’, bentuk tidak bakunya adalah ‘otodidak’.[]

Bambang Trim adalah Pendiri dan Direktur Institut Penulis Indonesia. Ia telah berpengalaman lebih dari 20 tahun di dunia penulisan-penerbitan serta telah menulis lebih dari 180 judul buku. Ia juga menjadi Ketua Umum Perkumpulan Penulis Profesional Indonesia dan pernah menjadi anggota Tim Pendamping Ahli penyusunan RUU Sistem Perbukuan di Komisi X DPR-RI.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.