Informasi Industri Buku Indonesia

Industri buku di Indonesia dengan lebih dari 240 juta populasi masyarakatnya terus bertumbuh seiring juga meningkatnya perekonomian dan naiknya jumlah kelas menengah Indonesia. Buku menjadi penting sebagai media informasi, edukasi, dan hiburan yang menunjukkan kemajuan intelektual suatu bangsa. Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) mencoba menyajikan data perbukuan Indonesia.

INDONESIA DALAM ANGKA

Luas

1.910.931 km2

Populasi

244.2 juta

2012

Pertumbuhan Populasi

1.31

2012

Angka Melek Huruf

93.4%

2012

Pengguna Internet

71.19 juta

2012

Produk Domestik Bruto

$878 miliar

2012

PDB per Kapita

$3,556.79

2012

Pertumbuhan Ekonomi

6.2%

2012

Angka Inflasi

4.3%

2012

Angka Pengangguran

6.1%

2012

Informasi tentang Penerbitan Buku di Indonesia

Kini ada 1.219 penerbit terdaftar sebagai anggota Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi). Di antara penerbit itu, 800 tercatat sebagai penerbit aktif. Keseluruhan penerbit adalah penerbit swasta dan hanya satu penerbit yang tercatat sebagai badan usaha milik negara (BUMN) yaitu Balai Pustaka. Selain itu, sebagian besar perguruan tinggi di Indonesia juga menjalankan aktivitas penerbitan (university press) sebagai unit pelaksana teknis atau juga unit bisnis.

Penerbit aktif terpusat di 24 provinsi dari 33 provinsi di Indonesia. Sekitar 1.097 penerbit berada di Pulau Jawa. Artinya, 90% penerbit terkonsentrasi di Jawa, terutama DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Para penerbit banyak berkiprah dalam penerbitan buku teks/pelajaran, buku anak, buku religi (Islam), buku fiksi, dan kategori sastra.

Pasar penerbitan buku di Indonesia tumbuh sebanyak 6% (per tahun) sepanjang tahun 2007-2012. Pertumbuhan ini sedikit banyak dipengaruhi pertumbuhan ekonomi Indonesia, perkembangan pesat kelas menengah, dan peningkatan kesadaran akan pendidikan. Ada korelasi antara peningkatan angka PDB dan naiknya belanja buku rumah tangga secara signifikan.

Produksi Buku

  • Diperkirakan ada lebih dari 30.000 judul buku yang diterbitkan setiap tahun di Indonesia. Angka ini hanya menggambarkan untuk judul yang terdaftar dalam catatan resmi, dan belum termasuk buku yang diterbitkan oleh individu (self publisher) atau organisasi non-penerbit seperti instansi pemerintah, organisasi non-pemerintah, komunitas independen, partai politik, dan asosiasi profesi.
  • Buku anak-anak, agama (Islam), edukasi, fiksi, dan sastra adalah kategori utama dari judul buku yang diterbitkan di Indonesia.

Penjualan Buku

  • Ada 33.199.557 eksemplar buku terjual di Indonesia sepanjang 2013.
  • Berdasarkan kontribusi terhadap angka penjualan, kategori berikut menyumbang angka penjualan terbesar di Indonesia.
Anak

23%

Fiksi dan Sastra

13%

Agama

13%

Pendidikan (Pelajaran)

13%

Referensi dan Kamus

9%

Lain-lain

31%

  • Kategori lain yang memberi kontribusi signifikan terhadap angka penjualan (2%-5%), yaitu kategori bisnis dan ekonomi, komputer dan internet, pengembangan diri (motivasi), Ilmu Sosial, Masakan, dan Pertanian (Profesi/Hobi).

Ekspor Impor

  • Ekspor buku dari Indonesia tumbuh 19% per tahun sepanjang 2007-2012. Tujuan ekspor buku terbesar adalah Pakistan, Singapura, Inggris, Nigeria, dan Hong Kong (Cina).
  • Indonesia banyak mengimpor buku, terutama dari Belanda, Singapura, Hong Kong (Cina), Amerika, dan Finlandia.

Kanal Distribusi

Ada 150 perusahaan (distributor) yang menyuplai buku ke toko-toko buku maupun toko alternatif. Beberapa penerbit besar memiliki perusahaan distribusi sendiri dan kadangkala melayani penerbit-penerbit kecil untuk menyalurkan buku mereka.

Internet dan Prospek Buku Digital

Pertumbuhan signifikan dari pengguna internet di Indonesia menciptakan prospek penjualan buku digital di Indonesia. Beberapa penerbit besar di Indonesia telah menerbitkan buku-buku mereka dalam format buku digital atau format digital lainnya. Hal ini menunjukkan munculnya kebutuhan akan buku-buku digital di Indonesia dan juga mendorong munculnya berbagai toko buku digital. Meskipun bertumbuh, penjualan eBook masih kurang dari 2% pada pasar buku lokal.

Ada perusahaan pengembang buku digital yang mengembangkan format sendiri, lalu bekerja sama dengan beberapa penerbit. Sejumlah toko buku digital lainnya menggunakan platform PDF dan ePub 3. Beberapa toko buku digital yang mulai berkiprah di Indonesia, yaitu Qbaca (Telkom), Bukuon (Indosat IM2), Wayang Force, Scoop, Moco (Aksara Maya), Gramediana (KKG), Lumos (Mizan),  eRosda (Rosdakarya), UI Press, IPB Press, Penerbit ITB, Unair Press, dan Unsri Press.

Kebijakan Pemerintah

  • Buku pelajaran dibebaskan dari PPN.
  • Buku edukasi impor dibebaskan dari pajak impor.
  • Bantuan dana untuk penerjemahan dan kerja sama antara Indonesia dan penerbit internasional.

Perlindungan Hak Cipta

  • Berne Convention, 1948 (Revisi di Paris)
  • Undang-Undang Hak Cipta No. 19 Tahun 2002
  • WTO Agreement, The Marrakesh Agreement Establishing the World Trade Organization
  • WCT, WIPO Copyright Treaty

Penjualan Hak Cipta Terjemahan

  • … lisensi terjemahan buku terjual di luar negeri (data belum tersedia)
  • Pembeli lisensi terbesar

◦     Malaysia

◦     Negara A (data belum tersedia)

◦     Negara B (data belum tersedia)

◦     Negara C (data belum tersedia)

◦     Negara D (data belum tersedia)

  • Kategori terbanyak yang berkontribusi secara signifikan terhadap penjualan lisensi hak cipta terjemahan adalah buku anak, buku religi, buku fiksi, buku sastra, dan bidang spesifik (pertanian, sosial-budaya, dan perjalanan/wisata).
  • Untuk memfasilitasi penjualan lisensi hak cipta terjemahan, Ikapi membentuk “Borobudur Agency”. Agensi ini dimaksudkan untuk memberikan layanan satu atap promosi dan penjualan hak cipta terjemahan dari Indonesia. Lembaga ini telah berkiprah sejak 2013 di Frankfurt Book Fair. Banyak penerbit di Indonesia yang telah berpartisipasi menggunakan layanan ini. Untuk pertanyaan terkait penjualan lisensi (hak cipta) terjemahan, silakan hubungi Nung Atasana di nung@borobuduragency.com

Pameran buku

Indonesia Book Fair adalah perhelatan pameran buku tahunan terbesar di Indonesia yang resmi diselenggarakan Ikapi. Banyak penerbit, baik lokal maupun internasional, berpartisipasi pada pameran ini. Pameran selanjutnya (IBF 2004) telah ditetapkan pada tanggal 1 s.d. 9 November 2014. Selain itu, di tingkat daerah, ada 1 s.d. 4 kali penyelenggaraan pameran buku tahunan yang diselenggarakan Ikapi daerah. Sebagai contoh, di Jakarta, ada tiga pameran buku tahunan, yaitu Islamic Book Fair, Jakarta Book Fair, dan Indonesia Book Fair. Berikut ini beberapa kota yang juga menyelenggarakan pameran buku secara rutin:

  • Bandung (4 pameran buku per tahun);
  • Jogjakarta (2 pameran buku per tahun)
  • Solo, Surabaya, Banjarmasin, Banjarbaru, Medan, Padang, Aceh (1 pameran buku tahunan)

Selain diselenggarakan Ikapi, pameran buku di daerah juga banyak diselenggarakan oleh event organizer lokal, termasuk juga perguruan-perguran tinggi.

Tamu Kehormatan Frankfurt Book Fair 2015

Indonesia akan menjadi tamu kehormatan pada Frakfruter Buchmesse (Frankfurt Book Fair) tahun 2015.

Kontak Asosiasi

Ikatan Penerbit Indonesia

Sekretaris Umum: Husni Syawie (husni@ikapi.org)

Jalan Kalipasir, No. 32, Cikini

Jakarta 10330

INDONESIA

Telepon          +62 21 3146050 or +62 21 3151907

Faksimile       +62 21 31926124

Surel              sekretariat@ikapi.org

Situs               www.ikapi.org

Hak Cipta © Ikatan Penerbit Indonesia 2014

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.