Inilah Buku Anak #5: Buku Pembaca ABG ‘Young-Adult Books’

0
773

Tulisan seri keenam dari serial “Menyelami Dunia Buku Anak” ini memuat ularan ringkas salah satu jenis buku anak atau kadang dikategorikan sebagai buku remaja untuk pembaca ABG ‘young-adult books‘.

Buku kategori young-adults menempati posisi paling pinggir dari buku anak-anak atau sering disebut juga buku remaja dengan target anak-anak yang baru beranjak remaja. Boleh dikatakan buku ini ditujukan untuk “remaja tanggung” atau dalam bahasa populer di Indonesia disebut ABG dengan target audiensinya adalah usia 12 tahun ke atas yaitu mereka yang tidak dapat disebut anak-anak lagi dan tidak juga dapat disebut orang dewasa.

Pengategorian buku young-adult atau ABG ini termasuk baru sehingga kalangan penerbit sebelumnya tetap memasukkan penggarapan buku semacam ini ke dalam unit atau departemen buku anak-anak. Selanjutnya, terminologi young-adult makin sering digunakan di dunia penerbitan, terutama perlunya perhatian serius menyasar kelompok pembaca ini. Saat ini banyak buku yang diterbitkan khusus untuk kelompok pembaca ini sesuai dengan isu yang berkembang di kalangan remaja, karakter para remaja, dan ketertarikan remaja demi mengeksplorasi dunia semrawut di antara masa kanak-kanak dan masa dewasa ini.

Contoh buku untuk pembaca ABG ini adalah The Hobit karya J.R.R. Tolkien dan To Kill a Mockingbird karya Harper Lee yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Bambang Trim adalah Pendiri dan Direktur Institut Penulis Indonesia. Ia telah berpengalaman lebih dari 20 tahun di dunia penulisan-penerbitan serta telah menulis lebih dari 180 judul buku. Ia juga menjadi Ketua Umum Perkumpulan Penulis Profesional Indonesia dan pernah menjadi anggota Tim Pendamping Ahli penyusunan RUU Sistem Perbukuan di Komisi X DPR-RI.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here