Siap-Siap ke Islamic Book Fair 2016

0
863

Manistebu.com | Ikapi DKI kembali menggelar Islamic Book Fair 2016 untuk kali kelima belas. Istora Senayan Jakarta masih menjadi tempat penyelenggaraan event yang dulu dirintis tokoh perbukuan, Firdaus Oemar, ini. Adalah ketua Ikapi DKI, H.E. Afrizal Sinaro yang tetap optimistis akan masa depan perbukuan Islam.

katalog acara A6 spread_Page_8

IBF 2016 akan digelar mulai 26 Februari 2016 hingga 6 Maret 2016 dengan menyajikan puluhan acara pendukung. Beberapa tokoh yang dijadwalkan hadir di antaranya, Menteri Anies Baswedan, Ustad Arifin Ilham, Ustad Yusuf Mansur, Haedar Nashir (Ketua PP Muhammadiyah), Prof. Dr. Didin Hafiduddin, Azyumardi Azra, Syafi’i Maarif, Dr. Adian Husaini, Sahrul Gunawan, Tengku Wisnu, dan Felix Siauw. Dari kalangan penulis tercatat para pengisi acara, yaitu Salim A. Fillah, Pidi Baiq, Tasaro GK, Fahd Jibran, Hanum Rais, M. Fauzil Adhim, Ikhsanun Kamil, dan lain-lain.

IBF memang fenomenal dan sempat menjadi event perbukuan terbesar di Tanah Air, baik dari sisi jumlah pengunjung maupun juga dari sisi omset penjualan buku yang dihasilkan. Dari data penjualan di TB Gramedia selama periode 2012-2014, buku religi Islam masih menempati posisi kedua dan kadang ketiga sebagai penyumbang omset. Artinya, minat kaum Muslim terhadap buku religi Islam masih tinggi.

Pada perhelatan kali ini, IBF 2016 juga menyediakan Kids Zone sebagai arena belajar dan bermain bagi anak-anak. Karena itu, tepatlah jika event ini disebut ajang wisata literasi Islami. Di sela acara pameran buku dan produk Islami, terselip juga Pameran Edukasi Sejarah Islam Spektakuler yang menghadirkan replika Mummy Fir’aun dan replika Pedang Nabi serta 35 benda bersejarah.

 

 

Bambang Trim adalah Pendiri dan Direktur Institut Penulis Indonesia. Ia telah berpengalaman lebih dari 20 tahun di dunia penulisan-penerbitan serta telah menulis lebih dari 180 judul buku. Ia juga menjadi Ketua Umum Perkumpulan Penulis Profesional Indonesia dan pernah menjadi anggota Tim Pendamping Ahli penyusunan RUU Sistem Perbukuan di Komisi X DPR-RI.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here