Tuntaskan Hasrat Anda Menjadi Penulis Pro

0
1100

Manistebu.com | Profesional itu memang kata yang ampuh untuk berkompetisi pada era yang makin bergerak cepat dan berubah tanpa diduga seperti saat ini. Di dalam dunia tulis-menulis pun profesionalitas menjadi satu ukuran. Para penulis profesional yang sering disebut literator makin dicari pada hampir semua bidang bisnis dan kehidupan kini.

Apakah Anda tengah mencari pelatihan yang mendorong Anda untuk menjadi penulis pro?

Setelah sukses menggelar pelatihan konversi KTI nonbuku menjadi buku, pelatihan penyuntingan naskah, serta pelatihan penulisan buku nonfiksi populer, Institut Penulis Indonesia (IPI) kembali menggelar Pelatihan 3P yaitu Penulisan dan Penyuntingan Profesional. Pelatihan ini menjadi rintisan IPI untuk memopulerkan nomenklatur Penulisan dan Penyuntingan Profesional sebagai suatu pendidikan vokasi di bidang ilmu komunikasi.

Nomenklatur bertajuk professional writing and editing sendiri sudah diakui eksistensinya di negara-negara maju dalam pendidikan vokasi formal maupun nonformal. Di dalamnya terkandung dua keterampilan sekaligus yang diajarkan yaitu menulis dan menyunting naskah.

Institut Penulis Indonesia adalah lembaga pendidikan dan pengkajian di bidang penulisan-penerbitan yang resmi diluncurkan pada 18 Juni 2016. Dalam proses perkembangan yang belum satu tahun ini, IPI diarahkan untuk berkonsentrasi pada tiga materi utama, yaitu penulisan akademis, penulisan bisnis, dan penulisan humas serta tiga submateri, yaitu penerbitan destop (desktop publishing), penyuntingan naskah, dan kewirausahaan penerbitan (writerpreneurship). Misi IPI adalah mencetak sebanyak mungkin literator ‘penulis profesional’ di Indonesia.

Bagi para penulis pemula atau yang hendak merintis karier sebagai penulis profesional, pelatihan ini wajib diikuti. Pelatihan untuk Angkatan I akan dimulai pada 18-19 November 2016 di Jakarta dan untuk Angkatan II pada 8-9 Desember 2016 di Bandung.

Instruktur pelatihan utama adalah Bambang Trim yang telah berpengalaman lebih dari 20 tahun di bidang penulisan dan penerbitan. Di antara materi yang akan disampaikan adalah

  • pengantar penulisan profesional;
  • proses kreatif menulis;
  • pramenulis dan anatomi tulisan;
  • menulis draf (artikel, esai, berita, feature);
  • merevisi;
  • menyunting naskah; dan
  • menerbitkan.

Total jam pelajaran adalah 16-18 jam pelajaran (@45 menit) dengan metode kuliah, praktik, dan simulasi. Para peserta pelatihan diharapkan mampu menjadi penulis blog, kontributor media, publicist, penyunting naskah, penulisan kehumasan, dan penulis lepas.

Ilmu penting ini dibagikan dengan harga sangat terjangkau yaitu Rp1,8 juta untuk Jakarta (tanpa penginapan) dan Rp2,5 juta untuk Bandung (termasuk penginapan dan ada kelas malam hari).

Informasi dan Pendaftaran:

  • institutpenulis.id@gmail.com
  • 021-3909237 (Loly)

flyer-pelatihan-nov-des

 

Bambang Trim adalah Pendiri dan Direktur Institut Penulis Indonesia. Ia telah berpengalaman lebih dari 20 tahun di dunia penulisan-penerbitan serta telah menulis lebih dari 180 judul buku. Ia juga menjadi Ketua Umum Perkumpulan Penulis Profesional Indonesia dan pernah menjadi anggota Tim Pendamping Ahli penyusunan RUU Sistem Perbukuan di Komisi X DPR-RI.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here