Ingat, 22 Des 2016, Asosiasi Profesi Penulis Dideklarasikan

0
860

Manistebu.com | Beberapa orang penulis nasional melalui grup Rumah Penulis Indonesia dan disokong oleh Institut Penulis Indonesia akan mendeklarasikan Asosiasi Penulis Profesional Indonesia (Aspira) pada tanggal 22 Desember 2016. Acara akan digelar di Gedung A, Graha 1, Lantai 2, Kemenkdibud RI.

Deklarasi akan diisi juga dengan acara unjuk wicara (talk show) tentang penulisan profesional dan unjuk karya yaitu peluncuran buku bersama dari beberapa orang penulis. Pembentukan asosiasi penulis profesional sendiri dianggap sudah mendesak karena bertahun-tahun penulis Indonesia tidak berada dalam satu naungan asosiasi profesi.

Pembinaan para penulis profesional untuk berkontribusi pada industri penerbitan, industri media, termasuk juga institusi/organisasi pemerintah juga sangat penting mengingat sampai saat ini juga tidak ada sertifikasi untuk menempatkan seseorang sebagai penulis profesional. Di banyak negara, penulisan profesional masuk dalam pendidikan vokasi tersendiri.

flayer-deklarasi-aspira-01-01Untuk itu, lahirnya asosiasi profesi penulis profesional menjadi momentum yang ditunggu-tunggu oleh para penulis di Indonesia. Anggota dari asosiasi ini diharapkan dari kalangan penulis profesional seluruh Indonesia yaitu mereka yang benar-benar menjadikan menulis sebagai pekerjaan, bukan sekadar hobi atau kesenangan.

Untuk pendaftaran keikutsertaan dalam acara deklarasi bersejarah ini, para penulis dapat mengontak narahubung:

  • Sofa Nurdiyanti 085729333696 atau pos-el institutpenulis.id@gmail.com

Bagi yang ingin bergabung dalam grup Rumah Penulis Indonesia (Rumpi) di WA, juga dapat menghubungi Sofa di nomor yang sama.

Bambang Trim adalah Pendiri dan Direktur Institut Penulis Indonesia. Ia telah berpengalaman lebih dari 20 tahun di dunia penulisan-penerbitan serta telah menulis lebih dari 180 judul buku. Ia juga menjadi Ketua Umum Perkumpulan Penulis Profesional Indonesia dan pernah menjadi anggota Tim Pendamping Ahli penyusunan RUU Sistem Perbukuan di Komisi X DPR-RI.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here