Institut Penulis Indonesia: Kantor Baru, Semangat Baru

0
479

Manistebu.com | Institut Penulis Indonesia awal tahun 2017 ini akhirnya memiliki kantor baru, tepatnya tanggal 6 Januari 2017 beralamat di Kompleks Ruko Maya Indah, Jalan Kramat Raya, No. 5-H, Jakarta Pusat. Lembaga bisnis di bidang penulisan-penerbitan ini diluncurkan pada 18 Juni 2016 dan memiliki badan hukum PT Inkubator Penulis Indonesia.

Sejak kali pertama berdiri IPI telah bekerja sama dengan beberapa perusahaan besar dan lembaga pemerintah dalam bidang pelatihan dan juga jasa penulisan, yaitu Samsung Electronic Indonesia, Cipika Bookmate Indosat Ooredoo, Badan Kepegawaian Nasional, KPK, Kemen PUPR, dan juga Puskurbuk.

Hadir dalam syukuran kecil bersahaja, yaitu Bapak Setia Dharma Madjid (mantan Ketum Ikapi), Ibu Dewi Utama Fayza (staf Dikdasmen Kemendikbud), dan Dedi Alfiandri Allison (Penpro). Kantor ini juga sementara menjadi Sekretariat Asosiasi Penulis Profesional Indonesia (Penpro).

PT Inkubator Penulis Indonesia memiliki tiga divisi usaha, yaitu Divisi Penerbitan, Divisi Jasa Penerbitan, Divisi Bisnis Digital, dan Divisi Pelatihan. Meski masih merupakan tim kecil, di PTIPI lengkap ada editor, desainer, dan ilustrator.

IPI melalui PTIPI siap berkarya dan bekerja sama dengan sebanyak mungkin lembaga ataupun perseorangan untuk menghasilkan karya-karya terobosan dalam bentuk buku ataupun bentuk konten lainnya.

Bambang Trim adalah praktisi di bidang penulisan-penerbitan dengan pengalaman lebih dari 20 tahun. Ia juga telah menulis lebih dari 160 judul buku sejak 1994. Bambang Trim pernah menjabat posisi puncak di beberapa penerbit nasional serta pernah menjadi dosen ilmu penerbitan di tiga PTN (Unpad, PNJ, dan Polimedia). Kini, Bambang Trim mengelola lembaga pendidikan dan pelatihan di bidang penulisan-penerbitan yaitu Alinea Ikapi dan InstitutPenulis.id. Tahun 2016 ia juga terpilih sebagai ketua umum Asosiasi Penulis Profesional Indonesia (Penpro).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here