99% Rahasia Ilmu Penulisan-Penerbitan Saya Ada di Sini

0
371

Manistebu.com | Sekira tiga tahun lalu, saya sudah memimpikan menulis satu buku yang lengkap tentang masalah-masalah penulisan dan penerbitan berikut jawabannya. Lingkupnya tidak hanya soal penulisan-penerbitan buku, tetapi juga media massa lainnya. Lalu, saya mulai mencicil naskah yang awalnya berjudul 101+ Solusi Editing itu, kemudian bertambah menjadi 150+ Solusi Editing, dan akhirnya menjadi 200+ Solusi Editing. Mungkin jika dibiarkan saya berlama-lama bakal menjadi 1.000+.

Tentang naskah ini saya ceritakan kepada Ibu Lucya Andam Dewi, Dirut Bumi Aksara. Saya memang berkeinginan menerbitkannya di penerbit mainstream. Beliau langsung tertarik dan meminta naskah tersebut diterbitkan di BA. Klop, naskah ini akhirnya berjodoh dengan Bumi Aksara yang dikenal sebagai penerbit buku pendidikan ini.

Namun, dua tahun hampir berlalu, naskah tersebut tak kunjung dapat saya selesaikan. Pak As yang menjadi manajer penerbitan, tiada henti “mengejar-ngejar” saya dan ini menjadi dilema. Di satu sisi saya ingin cepat terbit, di sisi lain saya masih ingin menambah materi, sedangkan energi sudah tergerus dan sering menjadi letih.

Awalnya, saya meminta bantuan staf di TrimKom untuk¬† mengumpulkan “masalah” dan juga mencarikan jawabannya. Namun, kemudian saya merasa penulisannya harus saya tangani sendiri sebab sayalah sebagai penulis yang memahami untuk apa dan siapa buku ini dibuat. Alhasil, di antara kesibukan lain, perjuangan luar biasa untuk menulis pun harus dijalani.

Harus saya akui bahwa buku 200+ Solusi Editing Naskah dan Penerbitan (SENdP) ini dapat dirampungkan karena saya telah menulis lebih dari 160 judul buku sebelumnya dan tentunya memulai karier di bidang ini dari bawah sekali. Saya telah memulai karier di dunia penerbitan sejak 1994 sebagai penulis buku pelajaran, lalu menjadi editor pada tahun selanjutnya. Alhasil, selama 1994-2017, lakon sebagai penulis, editor, direktur penerbit, pendidik, dan konsultan di dunia penulisan-penerbitan telah saya perankan. Komplet!

Itu yang membuat saya yakin menulis buku setebal 444 halaman ini (xxxvi + 408 halaman), terdiri atas enam bagian dan sepuluh bab yang tiap masalah disusun dalam urutan angka. Berkali-kali simulasi penyajian harus dilakukan untuk memudahkan pembaca menggunakan buku yang saya sebut referensi meja ini.

Ada masalah proses editing naskah, masalah kebahasaan, masalah standar penulisan, masalah praktik editing dan perkara khusus, masalah legalitas dan kepatutan, serta masalah informasi penerbitan yang dibahas di dalam buku. Sebagian besar masalah dipaparkan dengan contoh-contoh dan jawaban sebagai solusi permasalahan.

Jadi, saya berani bilang 99% rahasia ilmu penulisan-penerbitan saya ada di dalam buku ini. Terus sisanya 1%? Itu yang bertambah setelah saya menuntaskan buku ini sehingga belum sempat dituliskan di dalam buku ini. Anda tunggu saja buku-buku saya selanjutnya.

Buku seharga Rp119.000 (sungguh murah dengan benefit yang akan Anda terima)  saya dedikasikan untuk para pendidik (guru, dosen, widyaiswara, trainer, motivator), peserta didik (siswa, mahasiswa), peneliti, praktisi bisnis, praktisi humas, praktisi media, penulis, dan tentu saja editor serta siapa pun yang tertarik dengan dunia penulisan-penerbitan. Paling tidak lebih dari 200 soal penulisan dan penerbitan saya berikan jawabannya berdasarkan teori, pengetahuan, dan pengalaman selama saya berkubang di dunia penulisan-penerbitan lebih dari dua puluh tahun.

Apakah buku ini sempurna? Terus terang saya tidak yakin dengan ketebalannya bahwa saya menulis tanpa cela. Pasti ada kemungkinan kekeliruan meskipun buku ini telah diedit berkali-kali. Saya maklum akan hal itu, bahkan sudah terpikir bahwa buku ini belumlah lengkap membahas segala hal, terutama setelah saya menjadi Tim Pendamping Ahli perumusan RUU Sistem Perbukuan yang kini menjadi UU No. 3/2017 tentang Sistem Perbukuan.

Tentu ke depan buku ini juga akan mengalami pembaruan jika mengingat begitu cepatnya dunia berubah kini karena didorong teknologi internet. Saya sendiri masih mengikuti arus perubahan itu sebagai pelaku di bisnis penulisan-penerbitan serta juga konsultan di lembaga-lembaga pemerintah dan swasta.

Satu buku lagi yang ingin saya hasilkan adalah Buku Pintar Karya Tulis Ilmiah. Hanya tampaknya saya perlu menarik napas sejenak setelah kelegaan luar biasa atas terbitnya buku 200+SENdP.[]


Pemesanan via Sofa (081519898054) | Dapatkan diskon langsung 10% (menjadi Rp107.000,00) dan tanda tangan saya (Bambang Trim)

Bambang Trim adalah praktisi di bidang penulisan-penerbitan dengan pengalaman lebih dari 20 tahun. Ia juga telah menulis lebih dari 160 judul buku sejak 1994. Bambang Trim pernah menjabat posisi puncak di beberapa penerbit nasional serta pernah menjadi dosen ilmu penerbitan di tiga PTN (Unpad, PNJ, dan Polimedia). Kini, Bambang Trim mengelola lembaga pendidikan dan pelatihan di bidang penulisan-penerbitan yaitu Alinea Ikapi dan InstitutPenulis.id. Tahun 2016 ia juga terpilih sebagai ketua umum Asosiasi Penulis Profesional Indonesia (Penpro).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here