CLSP PEP Kembali Menggelar Pelatihan Asesor Kompetensi Penulisan-Penerbitan

0
239

Manistebu.com | Untuk kali ketiga, CLSP Penulis dan Editor Profesional Indonesia akan menggelar Pelatihan Asesor Kompetensi (Askom) Penulisan-Penerbitan Angkatan III bekerja sama dengan Perkumpulan Penulis Profesional Indonesia (Penpro), Asosiasi Penerbit Perguruan Tinggi Indonesia (APPTI), dan Politeknik Negeri Media Kreatif (Polimedia).

Pelatihan langka ini akan digelar pada tanggal 9 s.d. 13 Juli 2018, bertempat di Wisma Polimedia. Peserta akan mendapatkan materi pelatihan selama 40 jam dan kemudian pada hari terakhir mengikuti uji kompetensi sebagai asesor.

Simulasi uji kompetensi pada Pelatihan Askom Penulisan-Penerbitan Angkatan II

Narasumber pelatihan adalah Master Asesor Inez Mutiara didampingi oleh Master Asesor Yayuk yang ditugaskan dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi). Para penguji hari terakhir juga merupakan master asesor yang akan ditugaskan oleh BNSP.

CLSP Penulis dan Editor Profesional (PEP) sedang bergiat untuk menghasilkan para asesor yang akan diterjunkan dalam proses asesmen para pelaku perbukuan, utamanya para penulis dan editor. Saat ini, CLSP PEP telah mengurus dua SKKK (Standar Kompentensi Kerja Khusus) untuk Penulis Buku Nonfiksi dan Editor Buku. Di samping SKKK, telah pula ada SKKNI Penulis Sejarah yang juga menjadi basis sertifikasi para penulis profesional di bidang sejarah.

Di sisi lain, pemerintah juga sedang menggodok lahirnya PP (Peraturan Pemerintah) sebagai implementasi dari Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2016 tentang Sistem Perbukuan. Sertifikasi profesi merupakan salah satu bahasan dalam draf RPP sebagai upaya penjaminan mutu buku. Untuk itu, apa yang telah dirintis oleh Penpro bersama dengan CLSP PEP sangat tepat momentum.

Peserta Pelatihan Askom Angkatan III ini berjumlah 20 orang dari berbagai lembaga, terutama penerbit perguruan tinggi, penerbit swasta, dan juga para profesional. Sebelumnya, 47 orang telah dinyatakan lulus sebaga asesor kompetensi penulisan-penerbitan.[]

Bambang Trim adalah Pendiri dan Direktur Institut Penulis Indonesia. Ia telah berpengalaman lebih dari 20 tahun di dunia penulisan-penerbitan serta telah menulis lebih dari 180 judul buku. Ia juga menjadi Ketua Umum Perkumpulan Penulis Profesional Indonesia dan pernah menjadi anggota Tim Pendamping Ahli penyusunan RUU Sistem Perbukuan di Komisi X DPR-RI.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here