Dibuka Penilaian Buku Nonteks 2021

0
20

Manistebu.com | Penilaian buku nonteks pelajaran (BNTP) untuk tahun 2021 kembali diumumkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Puskurbuk), Kemendikbud. Program tahunan ini dibuka sejak Januari 2021 dan ditutup November 2021. Adapun penilaian dimulai pada April 2021 untuk buku pengayaan PAUD/TK dan SD.

Ada enam jenis buku yang dinilaikan untuk program pendidikan (PAUD/TK) dan satuan pendidikan (SD–SMA). Selain itu, ada juga buku yang ditujukan untuk pendidik sebagai panduan. Berikut ini enam jenis buku yang dinilaikan.

  1. Pengayaan Kepribadian untuk Anak Usia Dini;
  2. Pengayaan Kepribadian;
  3. Pengayaan Pengetahuan;
  4. Pengayaan Keterampilan;
  5. Referensi; dan
  6. Panduan Pendidik.

Ada hal baru yang patut menjadi perhatian para penulis dan editor yang menilaikan buku. Puskurbuk mengutamakan buku-buku ditulis dan diedit oleh penulis dan editor tesertifikasi BNSP. Sebagai informasi program sertifikasi penulis dan editor telah dilaksanakan oleh LSP PEP (http://lsppenuliseditor.id) sejak tahun 2019 dan telah menyertifikasi lebih dari 4.000 orang hingga 2020.

Puskurbuk sendiri telah melakukan sertifikasi secara gratis untuk para penulis dan editor sejak tahun 2020. Sekira 300 orang telah mengikuti uji kompetensi/sertifikasi yang diselenggarakan Puskurbuk bekerja sama dengan LSP PEP. Sertifikasi profesi perbukuan merupakan amanat dari UU Nomor 3 Tahun 2017 dan PP Nomor 75 Tahun 2019.

Penilaian BNTP hanya dapat diikuti oleh penerbit resmi berbadan usaha/berbadan hukum dan anggota asosiasi penerbit yakni Ikapi dan APPTI.

Silakan unggah informasi lengkap dari dokumen berikut ini:

PENGUMUMAN_PENDAFTARAN_PENILAIAN_BNTP_2021

Bambang Trim adalah Pendiri dan Direktur Institut Penulis Indonesia. Ia telah berpengalaman lebih dari 25 tahun di dunia penulisan-penerbitan serta telah menulis lebih dari 200 buku. Ia juga menjadi Ketua Umum Perkumpulan Penulis Profesional Indonesia dan penggagas sertifikasi penulis dan editor di Indonesia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.