IPI Selenggarakan Pelatihan Penyuntingan Berbasis Kompetensi

0
329

Manistebu.com | Pelatihan penyuntingan naskah pada kenyataan memang minim dan langka di Indonesia. Ia tidak sebanding dengan pelatihan-pelatihan menulis yang merebak bak jamur pada musim hujan.

Sebagian besar para editor atau penyunting yang berkiprah dalam dunia kerja adalah para autodidak. Paling mungkin mereka berlatar belakang pendidikan ilmu bahasa dan sastra atau ilmu komunikasi. Satu-satunya program studi yang mengajarkan mata kuliah penyuntingan secara dominan adalah Prodi Penerbitan di Polteknik Negeri Media Kreatif.

Alhasil ilmu penyuntingan tidak berkembang sepesat ilmu penulisan dari berbagai ragam. Hal inilah yang dirintis oleh Institut Penulis Indonesia (IPI) dengan menyelenggarakan pelatihan berbasis kompetensi untuk penyuntingan naskah.

Mengapa berbasis kompetensi? Pelatihan ini memang menggunakan silabus dari Standar Kompetensi Kerja Khusus Editor Naskah yang dirintis oleh LSP Penulis dan Editor Profesional. Karena itu, lulusan pelatihan ini diharapkan langsung dapat mengikuti sertifikasi dalam skema penyuntingan naskah.

IPI akan menggelar pelatihan ini pada tanggal 8–9 September 2021 secara daring melalui aplikasi Zoom. Pelatihan dimulai pukul 9.00 hingga 15.00 WIB selama dua hari, setara dengan 20 jam pelajaran, termasuk penugasan. Investasi untuk pelatihan langka ini hanya Rp1,2 juta. Peserta akan mendapatkan modul PBK Penyuntingan Naskah, salindia pelatihan, dan sertifikat 20 jam pelajaran.

Materi Pelatihan

Peserta akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan standar penyuntingan naskah meliputi materi

  1. ragam naskah;
  2. anatomi naskah;
  3. aspek-aspek penyuntingan naskah;
  4. penyuntingan aspek keterbacaan;
  5. penyuntingan aspek ketaatasasan;
  6. penyuntingan aspek kebahasaan;
  7. penyuntingan aspek kejelasan gaya;
  8. penyuntingan aspek ketelitian data dan fakta;
  9. penyuntingan aspek kelegalan dan kepatutan;
  10. penyuntingan mekanis pada naskah tercetak;
  11. penggunaan tanda-tanda koreksi (markah ralat);
  12. penyuntingan mekanis pada naskah elektronik;
  13. pengoreksian cetak coba (proof reading); dan
  14. promosi penerbitan.

Melalui materi ini peserta akan mendapatkan gambaran Skema Penyuntingan Naskah sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Khusus (SKKK) Editor. Saat ini dari SKKK Editor terdapat tiga skema sertifikasi, yaitu penyuntingan naskah, penyuntingan akuisisi, dan penyuntingan substantif. Materi PBK ini lebih mengarah pada penyuntingan naskah atau penyuntingan mekanis.

Peserta Sasaran

Peserta sasaran dari pelatihan ini adalah penyunting atau editor pemula/junior yang belum mendapatkan pendidikan dan pelatihan penyuntingan secara khusus. Peserta akan dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan penyuntingan naskah secara standar, khususnya pada penyuntingan naskah nonfiksi.

Pelatih Utama

Pelatih utama dalam pelatihan ini adalah Bambang Trimansyah atau lebih dikenal dengan nama Bambang Trim. Ia memiliki latar pendidikan tinggi dari Prodi D-3 Editing dan S-1 Sastra Indonesia, Universitas Padjadjaran. Saat ini Bambang Trim menempuh pendidikan S-2 Prodi Komunikasi Korporat di Universitas Paramadina. Ia telah berpengalaman lebih dari 25 tahun dalam industri penerbitan sebagai penulis dan editor. Bambang Trim juga menjadi dosen ilmu penerbitan di tiga PTN, yaitu Prodi D-3 Editing Unpad, Jurusan Penerbitan di Politeknik Negeri Jakarta, dan Prodi Penerbitan di Politeknik Negeri Media Kreatif (Polimedia). Hingga kini ia masih menjadi dosen di Polimedia dan mengampu mata kuliah penyuntingan. Bambang Trim juga menjadi perintis sertifikasi penulis dan editor di Indonesia.

Pendaftaran

Pendaftaran pelatihan dibuka hingga tanggal 6 September 2021. Peserta dapat mendaftar pada tautan berikut ini: formulir pendaftaran PBK Editor.

Kesempatan Uji Sertifikasi

Peserta pelatihan memenuhi syarat untuk mengikuti uji sertifikasi. LSP PEP memberikan harga khusus (subsidi) sertifikasi kepada peserta pelatihan sebesar Rp600.000,00 yang diselenggarakan secara daring menggunakan aplikasi Zoom.

 

Bambang Trim adalah Pendiri dan Direktur Institut Penulis Indonesia. Ia telah berpengalaman lebih dari 25 tahun di dunia penulisan-penerbitan serta telah menulis lebih dari 200 buku. Ia juga menjadi Ketua Umum Perkumpulan Penulis Profesional Indonesia dan penggagas sertifikasi penulis dan editor di Indonesia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.