Dicari Penulis Buku Teks Perguruan Tinggi

Cimahi, Manistebu.com | Buku, apalagi buku teks/buku ajar tidak dapat dipisahkan dari kegiatan belajar mengajar, termasuk di perguruan tinggi. Ada dorongan dari Direktorat Pendidikan Tinggi dan juga kampus agar dosen mau dan mampu menulis buku teks/buku ajar secara mandiri. Saya pun berkali-kali mengisi kegiatan di kampus tentang penulisan buku teks ini.

Memang tidak semua dosen memiliki kecakapan menulis buku teks. Banyak dosen lebih mengandalkan buku teks yang ditulis oleh orang lain. Di sisi lain, banyak juga dosen yang hanya menggunakan bahan ajar sekadarnya, seperti presentasi ppt atau handout lepas.

Penulisan buku teks berbasis pada kurikulum/silabus yang dikembangkan oleh dosen itu sendiri. Biasanya disebut sebagai Rancangan Pembelajaran Semester (RPS). Artinya, buku teks dapat dibuat untuk satu semester meskipun Dikti membolehkan buku terbit untuk setengah semester (cek PO-PAK 2019).

Buku teks memang memiliki pakem tersendiri, baik dalam anatomi buku maupun dalam penyajiannya. Ciri khas buku teks adalah adanya materi, pengayaan, dan asesmen yang disajikan melalui teks dan gambar.

Penulis Pro Indonesia (Penprin) menggagas pelatihan selama dua hari untuk menghasilkan dosen/widyiswara/pendidik yang mau dan mampu menulis buku teks kategori perguruan tinggi. Penprin akan membeberkan rahasia dan teknik menulis buku teks dengan materi berikut ini:

  • Hakikat dan Kedudukan Buku Teks;
  • Anatomi Buku Teks;
  • Pramenulis Buku Teks;
  • Menulis Draf Buku Teks;
  • Menyunting Draf Secara Mandiri (Swasunting); dan
  • Menerbitkan Buku Teks.

Pelatihan ini menghasilkan keluaran berupa draf Bab 1 buku teks dan kover buku teks. Tentu yang ditawarkan juga adalah pengalaman menulis yang dapat menjadi jalan Anda berproses kreatif menulis buku lainnya.

Narasumber yang akan mendampingi Anda adalah Bambang Trim, praktisi dan akademisi penerbitan yang telah menulis 250+ buku. Penyelenggaraan secara hibrida, tatap muka dan daring melalui Zoom. Kegiatan tatap muka diselenggarakan di Hotel Cordela, Senen, Jakarta Pusat. Catat tanggalnya, 22–23 Februari 2023.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.